Waskita dipersiapkan go public tahun ini

Selasa, 08 Mei 2012 - 09:24 WIB
Waskita dipersiapkan go public tahun ini
Waskita dipersiapkan go public tahun ini
A A A


Sindonews.com - PT Waskita Karya dipersiapkan untuk bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini. Dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) akan digunakan untuk pengembangan perusahaan.

Direktur Utama Waskita Karya M Choliq mengatakan,Waskita awal pekan ini dipanggil Deputi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang Restrukturisasi dan Revitalisasi terkait kesiapan perseroan untuk melepaskan sebagian sahamnya ke publik pada tahun ini.

“Tadi (kemarin) kami dipanggil Pak Pandu (Deputi Menteri bidang Restrukturisasi dan Revitalisasi). Kami sedang dipersiapkan untuk bisa IPO pada tahun ini,”kata dia di Jakarta kemarin.

Disinggung mengenai berapa saham yang akan dilepas dan target dana yang diincar dari gelaran IPO, Choliq enggan mengungkapkan.Namun, dia mengakui,perseroan sudah siap untuk menjadi perusahaan publik pada tahun ini. Perusahaan sebelumnya sempat menyebut akan melepas sekitar 35 persen saham kepada publik pada saat IPO.

Adapun, target dana yang diincar mencapai Rp900 miliar Dana hasil gelaran IPO dialokasikan untuk tambahan modal ekspansi usaha dan memperkuat manajemen perusahaan.

Selain itu, lanjut dia, IPO dimaksudkan agar Waskita bisa keluar dari program restrukturisasi PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).Data PPA menyebutkan, Waskita Karya merupakan salah satu BUMN yang sudah dalam implementasi restrukturisasi.

Dalam proses restrukturisasi tersebut, PPA telah menyuntikkan dana kepada Waskita Karya senilai Rp475 miliar. Tercatatnya Waskita Karya di BEI sebagai perusahaan publik akan mendorong kinerja perseroan ke depan.

Pada tahun lalu perseroan berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp7,2 triliun dengan laba bersih Rp172 miliar. Sementara, perseroan pada tahun ini menargetkan pendapatan mencapai Rp9 triliun, dengan laba bersih Rp240 miliar.

“Untuk laba bersih akan kita koreksi karena kita akan IPO tahun ini.Tapi, hasil signifikan akan terlihat pada 2013,” ujar Choliq.

Target kinerja tersebut dikontribusi dari perolehan kontrak perseroan tahun ini. Komposisi kontrak perseroan sebagian besar atau mencapai 90% berasal dari proyek pemerintah dan perusahaan pelat merah, sedangkan sisanya dari swasta. Adapun,target kontrak Waskita tahun ini sebesar Rp17 triliun atau meningkat dibanding tahun lalu sekitar Rp12– 13 triliun.

Target kontrak tahun ini terdiri atas kontrak baru sebesar Rp11 triliun dan sisanya Rp6 triliun merupakan kontrak bawaan (carry over) dari tahun sebelumnya. Sejumlah proyek yang sedang dikerjakan perseroan saat ini, di antaranya proyek tol Semarang- Bawean sekitar Rp1 triliun, tol Tanjung Benoa-Nusa Dua sebesar Rp800 miliar, konstruksi tol seksi E2 Tanjung Priuk senilai Rp1,2 triliun dan jalan tol seksi W2 Priok sekitar Rp190 miliar.

BUMN yang dipastikan akan menggelar IPO pada tahun ini adalah PT Semen Baturaja. Selain itu, PT Pegadaian dan PT Waskita Karya dipersiapkan untuk bisa melantai di bursa pada tahun ini. Analis PT Infovesta Utama Praska Putrantyo berpendapat, dari tiga BUMN tersebut, yang akan diminati oleh pasar adalah PT Semen Baturaja dan Waskita Karya.

Pasalnya, bidang usaha kedua perseroan terkait dengan usaha pemerintah menggenjot terlaksananya proyek infrastruktur setelah disahkannya Undang- Undang (UU) Pengadaan Lahan pada Desember 2011.

“Hal ini karena PT Semen Baturaja yang bergerak di bidang semen dan PT Waskita Karya yang bergerak di bidang konstruksi bangunan,” tutur Praska. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2769 seconds (0.1#10.140)