Bandung bakal jadi pusat studi kuliner nasional

Selasa, 08 Mei 2012 - 19:11 WIB
Bandung bakal jadi pusat studi kuliner nasional
Bandung bakal jadi pusat studi kuliner nasional
A A A
Sindonews.com - Kota Bandung tahun ini dirancang sebagai pusat Pusat Studi Kuliner Nasional. Dirjen Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gede Pitana, mengatakan kuliner merupakan bidang usaha bagian usaha ekonomi kreatif.

Untuk menjadikan Bandung sebagai pusat Pusat Studi Kuliner Nasional, maka pihaknya menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

"Kita tahun ini merancang Bandung akan jadi pusat studi kuliner," kata Gede, usai membuka Asia Tourism Forum 2012 di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa (8/5/2012).

Lanjut dia, salah satu langkah untuk membuat Bandung sebagai pusat studi kuliner adalah dengan menyusun buku kuliner khas nusantara.
"Saya minta kepada Pak Novi (Noviendi Makalam, Ketua STP Bandung) untuk mencoba menyusun satu buku tentang kuliner," ujarnya.

Di dalam buku tersebut, akan berisi 25 set menu yang akan menjadi guideline kuliner nasional. Kuliner, kata dia, salah satu sektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas bagi program pengembangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Gede menjelaskan, kuliner Indonesia berfungsi mengenalkan Indonesia dan citra bangsa di luar negeri.

Ketua STP Bandung Noviendi Makalam menambahkan, pemerintah akan berusaha mensinergikan parwisata dengan ekonomi kreatif.

"Karena kita basicnya pariwisata maka kuliner yang jadi pengikat antara wisata dan ekonomi kreatif. Salah satu programnya pengembangan pusat kajian seni kuliner nusantara," jelasnya.

Selanjutnya, kekayaan kuliner di Indonesia memungkinkan untuk berubah menjadi disiplin ilmu. "Kita mungkin akan berkembang jadi ilmu kuliner. Untuk kajian sudah ada beberapa, tapi belum sampe (ke arah ilmu)," ungkap Novi.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7520 seconds (0.1#10.140)