Kapal Musi Pertamina siap beroperasi

Sabtu, 12 Mei 2012 - 14:00 WIB
Kapal Musi Pertamina siap beroperasi
Kapal Musi Pertamina siap beroperasi
A A A


Sindonews.com - PT Pertamina (persero) siap operasikan Kapal Musi untuk menjamin keamanan pasokan energi dalam negeri. Kapal Musi yang berukuran 3.500 dead weight ton (DWT) tersebut merupakan kapal ke-47 milik Pertamina dari total 175 kapal.

Musi akan mengangkut BBM dengan rencana pola trayek daerah Sumatera bagian Selatan, seperti loading port Padang, Plaju dan discharging port Pangkal Balam dan Bengkulu.

“Diharapkan dengan masuknya Musi dalam jajaran armada milik dapat membantu distribusi BBM oleh Pertamina ke seluruh pelosok negeri dalam rangka meningkatkan ketahanan pasok energi nasional,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun, dalam keterangan tertulisanya di Jakarta, Jumat 11 Mei 2012.

Menurutnya, penyediaan BBM di Indonesia merupakan satu hal yang kompleks, sehingga dibutuhkan infrastruktur penyediaan BBM yang tidak sederhana. Dengan penambahan kapal, Pertamina berharap dapat meningkatkan efisiensi biaya transportasi BBM.

"BBM yang dihasilkan oleh sejumlah kilang Pertamina, didistribusikan ke depot-depot utama melalui kapal-kapal dengan ukuran besar dan sedang, dan pada akhirnya BBM ini akan didistribusikan ke depot kecil (end depot) dengan kapal berukuran kecil, baik milik Pertamina maupun charter." jelasnya.

Musi diproduksi oleh Daya Radar Utama dalam jangka waktu sekitar 30 bulan terhitung sejak pemesanan pada 2009. Investasi Pertamina untuk kapal yang termasuk kategori small I tersebut mencapai sekitar USD12 juta.

“Pertamina berkomitmen untuk mengedepankan kerja sama dengan mitra nasional sebagai pembangun kapal yang dibutuhkan perusahaan. Pertamina bertekad untuk maju bersama industri lain di Indonesia,” pungkas Harun. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3007 seconds (0.1#10.140)