Dunia pariwisata Pasuruan kembali bergeliat

Minggu, 13 Mei 2012 - 17:13 WIB
Dunia pariwisata Pasuruan kembali bergeliat
Dunia pariwisata Pasuruan kembali bergeliat
A A A
Sindonews.com - Dunia pariwisata di Kabupaten Pasuruan mulai menunjukkan pergerakan kenaikan yang menggembirakan. Pasca dibukanya jalur arteri Porong baru pada Maret 2012 lalu, kenaikan tingkat kunjungan pariwisata mencapai angka 10 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Pasuruan, Djoko Widodo mengungkapkan, pembukaan jalur arteri Porong ini, selain memperlancar arus lalu lintas juga berdampak positif kebangkitan dunia pariwisata. Dunia pariwisata yang selama enam tahun tiarap, kini mulai menunjukkan gairahnya.

"Sejak dua bulan dibukanya jalur arteri Porong, terdapat peningkatan arus kunjungan wisata di Kabupaten Pasuruan. Hingga saat ini peningkatan itu mencapai 10 persen. Ini sudah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan," kata Djoko Widodo seusai mengikuti kegiatan bersama di Finna Golf & Country Resort, Prigen Kabupaten Pasuruan.

Menurut Djoko, peningkatan ini memang belum sebanding dengan penurunan tingkat hunian dan kunjungan wisata yang terjadi akibat dampak semburan lumpur Lapindo pada 2006 yang mencapai 40 persen. Namun pihaknya optimis, hingga akhir tahun 2012 ini kunjungan wisatawan ini akan kembali membaik.

"Selama beberapa tahun, kami terus berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk tetap berkunjung ke Pasuruan. Berbagai kegiatan promosi dilakukan untuk menggaet para wisatawan," tandas Djoko Widodo.

Rina Maharani, General Manager Finna Golf & Country Club Resort menyatakan, pihaknya juga gencar mempromosikan membaiknya iklim pariwisata Pasuruan ini hingga ke beberapa negara yang selama ini menjadi mitranya. Para wisatawan khususnya pegolf sangat antusias berkunjung ke Pasuruan setelah jalur arteri Porong dibuka.

"Kami tidak pernah berhenti menyosialisasikan telah dibukanya jalur arteri Porong. Kelancaran arus lalu lintas ini menjadi alasan utama para wisatawan mancanegara datang ke Pasuruan. Bahkan beberapa grup dari Jakarta dan Malaysia terus melakukan reservasi untuk berbagai kegiatan di Finna Golf," ujar Rina Maharani.

Sementara, Irsyad Yusuf, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, menyatakan sangat mengapresiasi kembali membaiknya iklim pariwisata. Sebagai salah satu komponen pengambil kebijakan, pihaknya akan memberikan perhatian khusus pada upaya perbaikan dan peningkatan sarana serta prasarana pariwisata.

"Pemerintah sangat mengapresiasi bergeliatnya sektor pariwisata. Pada PAK APBD tahun 2012, kami akan mendorong pengembangan sektor pariwisata hingga di kawasan timur Kabupaten Pasuruan. Hal ini bisa terwujud bila ada sinergi antara pelaku pariwisata, masyarakat dan pemerintah daerah," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3709 seconds (0.1#10.140)