Beragam kopi khas Indonesia hadir di AS

Senin, 14 Mei 2012 - 13:24 WIB
Beragam kopi khas Indonesia hadir di AS
Beragam kopi khas Indonesia hadir di AS
A A A
Sindonews.com - Pengusaha kopi Indonesia dalam pameran kopi bertajuk Annual Exposition Specialty Coffee Association of America (SCAA) ke-24 di Portland, Oregon, Amerika Serikat menampilkan kopi spesial Indonesia dari berbagai daerah, mulai dari Toraja, Mandailing, Kopi Luwak, Kopi Lanang, sampai Kopi Gajah.

"Partisipasi Indonesia pada SCAA 2012 diharapkan dapat lebih mengenalkan kopi Indonesia kepada masyarakat AS, sehingga ekspor kopi Indonesia ke AS juga dapat terus meningkat,” ujar Atase Perdagangan Washington D.C., Ni Made Ayu Marthini pada siaran rilisnya, Senin (14/5/2012).

Dia juga menerangkan pada kesempatan ini para pengusaha kopi asal Indonesia berhasil mendapat pesanan kopi hingga 70 kontainer dengan nilai sekitar USD 8 juta. Pemesanan yang berupa fix order dan trial order ini lebih banyak didominasi oleh produk kopi Arabica Toraja, Mandailing dan Papua.

Ni Made Ayu juga menambahkan berdasarkan data statistik, ekspor kopi Indonesia ke AS terus menunjukkan peningkatan. Total ekspor produk kopi Indonesia ke AS tahun 2011 mencapai USD 326 juta, atau meningkat 37,61 persen dibandingkan tahun 2010 yang mencapai USD 237 juta.

Dari perdagangan RI-AS pada Januari 2012, ekspor kopi Indonesia mencapai USD 33,3 juta, atau meningkat 68 persen dibanding periode yang sama pada 2011 yaitu USD 19,8 juta.

“Melalui pameran ini selain kepada masyarakat AS, kita juga berkesempatan untuk memperkenalkan kopi Indonesia kepada partisipan SCAA lainnya yang berasal dari berbagai negara,” kata Made Marthini.

Sebagai informasi eksportir kopi Indonesia yang turut berpartisipasi dalam SCAA 2012 tercatat sebanyak 15 perusahaan. Kelima belas perusahaan tersebut adalah PTPN XII, CV Sukses Agro Sekawan, PT Kopiku Indonesia, PT Excelso Multi Rasa, PT Sari Makmur Tunggal Mandiri, PT Wahana Graha Makmur, CV Harapan Bersama, CV Sidikalang, PT Sumico Mandiri, Koperasi Permata Gayo, PT Sumatra Arabica Gayo, CV Eka Nusa Jaya, PT Coffindo, PT Coffindo dan Valbemar. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7129 seconds (0.1#10.140)