Bangun pasar, PIP kucuri Lombok Timur Rp34 M

Selasa, 15 Mei 2012 - 12:12 WIB
Bangun pasar, PIP kucuri Lombok Timur Rp34 M
Bangun pasar, PIP kucuri Lombok Timur Rp34 M
A A A
Sindonews.com - Pemerintah daerah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), mendapat pinjaman senilai Rp34,350 miliar dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Adapun bantuan tersebut ditujukan untuk pembangunan Pasar Tradisional Masbagik.

Sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis PIP, Selasa (15/5/2012), perjanjian pinjaman ini ditandatangani bersama Kepala Pusat Investasi Pemerintah Soritaon Siregar dan Bupati Lombok Timur Tuan M. Sukiman Azmy pada Senin, 14 Mei 2012 di Pendopo Bupati Lombok Timur.

Pinjaman diberikan dengan jangka waktu lima tahun dan masa tenggang pembayaran pokok (grace period) 20 bulan. Bunga pinjaman sebesar 7,75 persen efektif per tahun.

PIP melihat bahwa sebuah pasar tradisional memiliki sedikitnya dua peran ekonomi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Peran tersebut adalah, pertama, sebagai penyangga ekonomi mayoritas masyarakat dan pedagang kecil atau pelaku ekonomi kecil. Kedua, sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemda.

PIP menyetujui pemberian pinjaman ini setelah melakukan analisa kelayakan terhadap kemampuan keuangan daerah dan proyek itu sendiri.

Agar peran ekonomi pasar itu dapat terwujud, PIP mengharapkan Pemkab Lombok Timur mengelola Pasar Tradisional Masbagik secara profesional.

PIP juga mengharapkan dukungan masyarakat untuk turut serta mensukseskan pembangunan pasar ini. Itu sebabnya pula, penandatanganan perjanjian pinjaman ini dilakukan di Lombok Timur agar masyarakat dapat turut menyaksikan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6877 seconds (0.1#10.140)