Libur panjang, objek wisata diserbu warga

Jum'at, 18 Mei 2012 - 11:00 WIB
Libur panjang, objek wisata diserbu warga
Libur panjang, objek wisata diserbu warga
A A A
Sindonews.com – Sejumlah objek wisata di Kota Semarang, Solo dan Yogyakarta diserbu ribuan pengunjung yang mengisi liburan panjang cuti bersama memperingati Kenaikan Isa Al Masih, kemarin.

Diperkirakan,keramaian pengunjung masih akan terjadi dan mencapai puncaknya pada Minggu 20 Mei mendatang. Di Semarang, objek wisata yang ramai dikunjungi warga, di antaranya Pantai Maron dan wahana air Water Blaster. Berdasarkanpantauan SINDO kemarin, Pantai Maron yang berada disebelah utara bandara international Ahmad Yani Semarang itu sudah ramai sejak pagi.

Tidak hanya warga Kota Semarang, namun juga warga dari luar kota, seperti Kendal; Ungaran; dan Demak. Lokasi pantai yang berada tidak jauh dari pusat kota ini sangat mudah di jangkau dan harga tiket masuk yang tergolong murah membuat pantai ini menjadi jujugan warga untuk mengisi liburan. Penanggung jawab lapangan Pantai Maron M Syahrir mengatakan pada liburan panjang seperti ini pengunjung bisa mencapai 7.000 orang per hari.

“Biasanya paling ramai,kalau pagi sama sore hari,”katanya,kemarin. Kondisi pantai yang terbilang kotor, karena banyak ranting dan plastik berserakan di sepanjang pantai tidak menyurutkan warga untuk menghabiskan waktu liburan di pantai itu.“Selain bisa menikmati ombak kecil, pasir hitam disepanjang bibir pantai pun bisa dijadikan ajang bermain bagi anak-anak,”kata Zaenal Arifin warga Banyumanik, Semarang.

Selain Pantai Maron, keramaian pengunjung juga terjadi di wahanaWater Blaster Semarang. Direktur Operasional Water Blaster Soemitro mengatakan kunjungan di Water Blaster mengalami peningkatan cukup signifikan. Hingga pukul 14.00 sudah mencapai 2.000 lebih pengunjung. “Untuk mengisi liburan panjang kali ini, dan menghibur pengunjung, manajemen Water Blaster, menggelar BiggEst String Orkestra, Bale Genggong traditional dance, Solo Organ dan fun game,”tandasnya.

Di Karanganyar, beberapa objek wisata andalan di Tawangmangu masih menjadi tempat favorit warga untuk menghabiskan liburan panjang. Pengelola obyek wisata air terjun Jumog,Pardi mengungkapkan, jumlah pengunjung mengalami lonjakan drastis dibanding pada libur akhir pekan. “Hari ini (kemarin) jumlah pengunjung mencapai 250.000 orang. Kalau hari libur akhir pekan hanya berkisar antara 70 ribu-75 ribu orang,” kata Supardi kemarin.

Pardi memperkirakan jumlah pengunjung akan terus mengalami lonjakan hingga hari Minggu mendatang.Ini disebabkan adanya libur cuti bersama bagi pegawai negeri sipil (PNS) di samping libur memperingati kenaikan Isa Al Masih. Menurut Pardi, pengunjung yang menikmati air terjun Jumog sebagain besar berasal dari Karanganyar dan sejumlah kabupaten dan kota di sekitarnya, seperti, Sragen, Solo dan Sukoharjo.

Sementara itu, mengantisipasi kecelakaan yang dialami wisatawan pada liburan panjangtim Searchand Rescue(SAR) Pantai Parangtritis, Bantul menambah jumlah personel. Kepala Badan SAR Pantai Parangtritis,Ali Susanto mengatakan personel tim SAR pada hari biasa hanya sebanyak 12 orang,kini ditambah menjadi 20 orang. Tujuannya, kata dia, agar wisatawan yang datang ke objek wisata tersebut tetap merasa aman dan nyaman.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5146 seconds (0.1#10.140)