Asuransi cepat cair jadi pilihan

Senin, 21 Mei 2012 - 10:44 WIB
Asuransi cepat cair...
Asuransi cepat cair jadi pilihan
A A A
Sindonews.com - Persaingan di industri asuransi menuntut kreativitas perusahaan untuk “merayu” calon nasabah. Tidak sedikit dari perusahaan asuransi yang berlomba-lomba memberikan pelayanan kepada nasabah.

Salah satunya kecepatan mencairkan klaim asuransi. Dalam sejumlah pandangan masyarakat umum, perusahaan asuransi cenderung menyulitkan nasabah ketika akan mengajukan klaim.

Sehingga, muncul anggapan bahwa daftar asuransi mudah tapi sulit kala pencairan klaim. Masih banyak orang khawatir bahwa klaim tidak bisa dibayar padahal sudah membayar premi sejak lama. Pandangan negatif ini tentunya menjadi tantangan bagi perusahaan asuransi untuk menjawabnya.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor menyatakan, tidak benar anggapan yang menyebutkan bahwa saat ini banyak perusahaan asuransi yang mempersulit klaim nasabah.

Menurutnya, saat ini semua nasabah mudah melakukan klaim asuransi kepada perusahaan. Semua perusahaan asuransi sadar bahwa klaim yang cepat akan memberikan kepercayaan nasabah kepada mereka. Hal ini bisa berdampak pada semakin banyak nasabah yang akan bergabung.

Sejumlah asuransi saat ini memang gencar menawarkan pelayan sebagai salah satu promosi andalan mereka.Layanan cepat ini misalnya dipromosikan PT MNC Life Assurance (MNC Life).

Asuransi yang berada di bawah MNC Group ini mempromosikan “uang muka klaim”. Dengan program “jemput bola”ini, perusahaan asuransi akan mengirimkan unitnya untuk merespons klaim. Sehingga, nasabah tidak perlu repot mendatangi kantor asuransi untuk meminta klaim tersebut.

Program yang berlaku untuk klaim meninggal dunia akibat penyakit dan kecelakaan serta klaim penggantian biaya perawatan akibat kecelakaan ini menyediakan uang muka bagi nasabah sebelum klaim diproses hanya dalam satu hari. “Ini merupakan bentuk peningkatan kualitas pelayanan bagi para nasabah,” ujar Direktur Utama MNC Life Patricia Rolla Bawata saat launching program pada Maret lalu seperti dilansir Okezone, 5 Maret lalu.

Bukan hanya itu, perusahaan juga menyediakan layanan antar dan jemput dokumen yang dibutuhkan dalam prosedur klaim.Layanan ini didukung beberapa unit mobil multifungsi yang bukan hanya digunakan untuk antar dan jemput klaim namun dapat difungsikan sebagai ambulans karena sudah dilengkapi dengan peralatan medis darurat. “Program ini sejalan dengan upaya MNC Life untuk memasyarakatkan asuransi dan mengasuransikan masyarakat secara konsisten,” jelas Rolla.

Para nasabah juga bisa memperoleh 10 persen dari total premi atau maksimum Rp10 juta saat pengajuan klaim.“Contohnya, ketika ada seorang yang meninggal, itu butuh waktu karena mengurus asuransi itu harus ada surat yang lengkap. Tapi kalau kita sudah bisa berikan uang muka klaim dulu. Ini kan terobosan baru,”tukas dia.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9226 seconds (0.1#10.140)