Australia- Malaysia sepakati FTA

Selasa, 22 Mei 2012 - 09:24 WIB
Australia- Malaysia...
Australia- Malaysia sepakati FTA
A A A
Sindonews.com – Australia akan menandatangani perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/FTA) dengan Malaysia pekan ini. Langkah tersebut diharapkan membantu mempercepat pembicaraan perdagangan yang tengah berlangsung dengan China, Korea Selatan, dan Jepang.

Menteri Perdagangan Australia Craig Emerson mengatakan, kesepakatan tersebut akan ditandatangani di Kuala Lumpur, Malaysia, pada hari ini. “Nantinya kesepakatan tersebut akan memberikan suatu akses terhadap perusahaan-perusahaan Australia ke salah satu negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Hal itu belum pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya dilansir AFP kemarin.

Dia menambahkan, Australia yakin kesepakatan dengan Malaysia memberikan indikasi ke negara-negara seperti Jepang, China, Korea Selatan, dan Indonesia, di mana saat ini Australia tengah berupaya untuk melakukan FTA dengan negara Asia.

Saat ini Negeri Kanguru memiliki perjanjian serupa termasuk dengan Singapura, Thailand, dan Amerika Serikat (AS). Menurut Emerson, penandatanganan FTA dapat menciptakan momentum untuk kesepakatan lebih lanjut sehingga memberikan efek yang positif dari negara lain.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0414 seconds (0.1#10.140)