NSW Indonesia dicontek Laos

Rabu, 23 Mei 2012 - 14:40 WIB
NSW Indonesia dicontek Laos
NSW Indonesia dicontek Laos
A A A

Sindonews.com - Laos menjadikan Indonesia sebagai negara acuan dalam pembentukan National Single Window (NSW). di Asean ada kewajiban untuk membangun NSW. Semua negara memang diberikan waktu untuk melakukan pembangunan NSW dan rampung pada 2013.

"Tapi Laos ingin cepat lari, dalam pembentukan NSW ini. Jadi mereka sharing sama kita, Indonesia, bagaimana caranya untuk membangun NSW tersebut," ungkap Deputi Menko Perekonomian bidang Perdagangan dan Investasi Edy Putra Irawadi kala ditemui di Gedung Kemenko, Jakarta, Rabu (23/5/2012).

Edy menjelaskan, untuk membangun NSW tersebut, memerlukan beberapa cara. Salah satu cara yang dilakukan untuk membangun NSW tersebut, di antaranya mempunyai komitmen yang kuat dari pemerintah itu sendiri. "Kita harus bisa membangun NSW agar senantiasa memberikan efisiensi pelayanan publik dan efektifitas pengawasan," paparnya.

Sementara untuk NSW Indonesia, lebih mengacu pada adanya kepastian usaha. Selain itu, NSW di Indonesia juga mengatur sebagai single refesensi dalam ketentuan ekspor-impor.

"Ini yang baru keluar dari keppresnya. NSW kita sudah implikasikan di pelabuhan, semua ketentuan yang menyangkut perdagangan sudah di portal kita. Itu satu-satunya di dunia, single lock in, satu kali masuk ke sana tidak perlu buka situs lagi," tukas dia.

Edy berharap, pada 2013 nanti NSW sudah benar-benar siap. Maksud Edy, semua lembaga yang berkaitan dengan ekspor impor beserta data yang berkaitan dengan ekspor impor sudah terkumpul dengan lengkap. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7629 seconds (0.1#10.140)