Soal tender BBM, PLN jangan ulangi kesalahan

Kamis, 24 Mei 2012 - 09:48 WIB
Soal tender BBM, PLN jangan ulangi kesalahan
Soal tender BBM, PLN jangan ulangi kesalahan
A A A
Sindonews.com - Sejumlah anggota DPR mengingatkan agar PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) tidak lagi mengulang kesalahan seperti saat memilih PTTrans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) sebagai pemasok bahan bakar solar bagi pembangkit listriknya.

Hal itu berkaitan dengan kegagalan TPPI memasok solar ke pembangkit listrik PLN di Belawan, Medan. “PLN jangan lagi mengulang kesalahan dengan memilih TPPI. Dulu, kami sudah ingatkan soal ini,”kata anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Bobby A Rizaldi di Jakarta kemarin. PLN diketahui akan melaksanakan tender pengadaan high speed diesel (HSD) sebesar 250 ribu kiloliter (kl) per tahun untuk Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Belawan, Medan.

Tender pengadaan BBM jenis solar itu berjangka waktu tiga tahun,yakni periode 2012–2014, sehingga total pasokan sebanyak 750.000 kl. Tender tersebut dilakukan menyusul kegagalan TPPI memasok kebutuhan solar bagi PLTGU Belawan karena tidak beroperasinya kilang perusahaan di Tuban,Jatim.Per 4 Mei 2012,PLN sudah memutus kontrak pasokan HSD sebesar 300 ribu kl per tahun dari TPPI ke PLTGU Belawan.

Berdasarkan hal itu,Bobby menegaskan, kredibilitas pemasok sangat menentukan. Dalam hal ini, imbuh dia,PLN harusnya mendengarkan saran DPR yang dalam tender sebelumnya meminta BUMN kelistrikan itu memprioritaskan PT Pertamina (Persero) sebagai pemasok bahan bakarnya.“Sudah selayaknya PLN memprioritaskan Pertamina untuk memasok solar ke Belawan,”katanya.

Hal senada dikemukakan anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PKB Agus Sulistiyono. Menurut dia, PLN dari awal mestinya mengutamakan Pertamina sebagai sesama perusahaan negara. Di samping itu, imbuh dia, Pertamina juga yang selama ini selalu menjadi pengganti jika terjadi kegagalan pasok BBM ke salah satu pembangkit PLN.

“Jadi, bukan malah memprioritaskan perusahaan swasta, apalagi perusahaan asing yang kemungkinan besar akan memasok ke Belawan,”cetusnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7733 seconds (0.1#10.140)