Ekspansi, Erafone siapkan Rp108 M

Jum'at, 25 Mei 2012 - 17:22 WIB
Ekspansi, Erafone siapkan Rp108 M
Ekspansi, Erafone siapkan Rp108 M
A A A
Sindonews.com - PT Erafone Artha Retailindo sepanjang tahun ini menyediakan anggaran sebesar lebih dari Rp108 miliar atau USD12 juta untuk melakukan ekspansi di seluruh Indonesia. Ekspansi yang dilakukan termasuk pembangunan Erafone Megastore di Makassar yang merupakan megastore terbesar di Indonesia.

“Kami tidak memetakan anggaran khusus untuk pembangunan satu Erafone Megastore, setiap tahun kami hanya menyiapkan capex (capital expenditure) sebesar USD12 juta,” ujar Direktur Komunikasi dan Pemasaran Erajaya Group Djatmiko Wardoyo saat peresmian Erafone Megastore Makassar, Jumat (25/5/2012).

Menurut Djatmiko, PT Erafone Artha Retailindo yang merupakan satu dari tujuh perusahaan Erajaya Group of Companies baru membuka empat Erafone Megastore di Indonesia. “Makassar kami pilih sebagai kota keempat karena pertumbuhan ekonominya yang cukup tinggi,” ujar Djatmiko.

Dengan pertumbuhan ekonomi 9,38 persen tahun lalu, Makassar menjadi magnet bagi setiap perusahaan besar untuk membuka cabang. Direktur PT Erafone Artha Retailindo JW Kim bahkan mengaku setelah melakukan survei khusus untuk Makassar sebelum mengambil keputusan membuka Erafone Megastore di kota ini.

“Dari 12 kota yang disurvei, Makassar menempati posisi lima besar pengguna dan konsumen alat eletronik khususnya smartphone dan gadget canggih, soal angkanya tidak bisa saya bocorkan, karena kami mengandeng lembaga survei untuk menilai Makassar,” kata dia.

Dalam waktu dekat, menurut JW Kim, dari Rp108 miliar anggaran yang disediakan PT Erafone Artha Retailindo, akan dipergunakan lagi untuk membangun beberapa outlet di Makassar. “Mungkin akan ditambah dua atau tiga outlet untuk membantu Erafone Megastore dalam hal pemasaran,” tuturnya.

Tahun lalu, outlet PT Erafone Artha Retailindo tercatat 279 unit diseluruh Indonesia. Tahun ini ditargetkan 312 unit outlet dan beberapa Erafone Megastore. Sementara penjualan yang berhasil dibukukan tahun lalu, dari 10 brand yang digandeng Erafone sebesar Rp1,2 triliun.

“Tahun ini kami berharap terjadi pertumbuhan penjualan diseluruh outlet dan Erafone Megastore 15 hingga 20 persen atau Rp1,9 tirliun. Kami sangat yakin bisa menggapainya dengan rencana ekspansi yang terus kami lakukan,” tutur Direktur Utama PT Erafone Artha Retailindo Ellie Kohardjo.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pemerintah Kota Makassar Syahrir mengatakan, kehadiran Erafone Megastore di Makassar akan menambah semarak pertumbuhan perdagangan gadget di kota ini. “Kami berharap Erafone dapat memberi andil dalam pertumbuhan ekonomi tahun ini,” katanya.

Sementara itu, Erafone Megastore Makassar selama tiga hari kedepan menggelar diskon bagi setiap pembeli. 10 brand gadget terkemuka seperti Apel, Samsung, BlackBerry, Nokia dan lainnya juga direncanakan akan meluncurkan beberapa produk baru mereka di Erafone Makassar.

“Jika dulu hanya Jakarta yang selalu paling pertama menikmati gadget keluaran terbaru, dengan adanya Erafone Megastore di Makassar, rencana peluncuran setiap gadget akan dilakukan pula di Makassar bersamaan dengan peluncuran di Jakarta, ini untuk memenuhi minat yang tinggi masyarakat Makassar,” tandas Ellie Kohardjo. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6122 seconds (0.1#10.140)