Kelangkaan LPG 3 kg mulai rambah Tangerang

Selasa, 29 Mei 2012 - 11:32 WIB
Kelangkaan LPG 3 kg mulai rambah Tangerang
Kelangkaan LPG 3 kg mulai rambah Tangerang
A A A
Sindonews.com - Pasokan gas LPG 3 kg di Tangerang sudah mulai langka, masyarakat mulai kesulitan mencari gas LPG 3 kg di pasaran karena pasokan berkurang dari Pertamina.

"Sudah dua bulan pasokan gas berkurang, kalau biasanya dalam sebulan dua kali pengiriman dengan jumlah 480 tabung, dua bulan terakhir ini hanya sekali pengiriman jumlahnya juga hanya 100 tabung," kata Vonny, agen Suyuto di Jalan Kisamaun, Kel Sukasari, Kec Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (29/5/2012).

Dikatakan Vonny, kelangkaan gas ini makin menjadi-jadi seminggu terakhir, pasalnya hingga hari ini, belum ada pengiriman gas 3 kg ke agen miliknya. "Karena barang langka, maka harga juga ikut naik, kalo biasanya dijual Rp13 ribu, maka sekarang Rp14 ribu per tabung," jelasnya lagi.

Vonny menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan ketegasan dari Pertamina kapan kondisi ini akan berakhir dan pasokan akan kembali normal.

Sementara itu, Ngadito, warga Babakan, Kota Tangerang saat ditemui mengaku sudah tiga hari tidak mendapatkan gas di agen-agen. "Sudah tiga hari saya nyari kemana-mana tapi kosong semua, gimana mau masak, lapar kita ini," katanya sambil kembali mengayuh sepedanya dengan menenteng gas 3 kg.

Sebelumnya, kelangkaan LPG yang terjadi di beberapa daerah, menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Evita Legowo yang sudah meminta konfirmasi dari Pertamina. Dirinya mengakui, memang ada halangan sedikit di wilayah transportasi sehingga mengganggu jalannya distribusi.

"Sebetulnya nggak terlalu ya, saya sudah cek ke Pertamina, kemaren itu kebetulan ada halangan di transportasi saja sedikit," ujar Evita.

Terkait kelangkaan ini pihak Pertamina mengungkapkan akan menata ulang lembaga penyalur gas LPG di wilayah kerja LPG & Gas Products Region III yang meliputi Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat (Jabar), dan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

“Kebijakan ini untuk melindungi konsumen dari tindakan penyelewengan,” kata General Manager Fuel Retail Marketing Region III selaku Koordinator Pemasaran Jawa Bagian Barat Hasto Wibowo.

Penataan akan dilakukan dengan mendata ulang pangkalan yang menyalurkan LPG ukuran 3 kg. Selain itu, Pertamina juga akan membuat kartu kendali untuk pemakai gas LPG 3 kg. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2048 seconds (0.1#10.140)