Cegah rupiah melemah cadangan devisa tergerus

Selasa, 29 Mei 2012 - 19:26 WIB
Cegah rupiah melemah cadangan devisa tergerus
Cegah rupiah melemah cadangan devisa tergerus
A A A
Sindonews.com - Langkah Bank Indonesia (BI) menekan nilai rupiah yang melemah terhadap dolar AS, menyebabkan cadangan devisa anjlok sebesar USD 3 miliar (Rp28,71 triliun) dalam sebulan. Saat ini berada di level USD113-114 miliar. Padahal pada akhir April, cadangan devisa sebesar USD116 miliar.

Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono mengungkapkan dalam upaya menekan melemahnya rupiah akan berupaya untuk menambah likuiditas dolar AS melalui kebijakan term deposit dolar. Dengan kebijakan ini, diyakini likuiditas dolar di dalam negeri akan lebih terjaga sehingga mata uang dolar pun tidak mudah tergerus.

"Yang penting kita akan menambah amunisi sebagai complaiment cadangan devisa yang sudah karena (komponen pembentuk cadangan devisa). Itu hanya dari ekspor migas dan pinjaman luar negeri pemerintah," jelasnya ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (29/5/2012).

Akan tetapi secara umum, menurut Hartadi kondisi melemahnya rupiah hanya disebabkan karena memburuknya situasi perekonomian di Uni Eropa. Hal ini juga dialami mata uang dari negara lain di kawasan Asia.

Pada berita sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menjelaskan, keluarnya dolar AS tersebut karena dana hasil ekspor di Indonesia yang masuk ke perbangkan dalam negeri di lempar ke pasar keuangan di negara lain. Hal itu menjadi sebab keringnya likuiditas valas di Indonesia yang berimplikasi pelemahan nilai mata uang rupiah saat ini. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6082 seconds (0.1#10.140)