Eksportir raup untung dari pelemahan rupiah

Kamis, 31 Mei 2012 - 16:49 WIB
Eksportir raup untung...
Eksportir raup untung dari pelemahan rupiah
A A A
Sindonews.com - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tersungkur justru dianggap sebagai keuntungan bagi beberapa pihak. Salah satu pihak yang diuntungkan tersebut adalah para eksportir yang mengeruk keuntungan dari pelemahan rupiah ini.

"Karena rupiah melemah, ekspor naik. Ini justru lebih menarik untuk produk Indonesia. Itu yang harusnya dimanfaatkan," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, di Pullman Hotel, Jakarta, Kamis (31/5/2012).

Sementara itu, dari sisi impor justru turun seiring melemahnya rupiah. "Tapi untuk mesin pabrik jika bahan bakunya memang impor, namun setelah pabriknya berjalan, kita tidak perlu impor. Jadi kita yang mengekspor. Sebaliknya, kita upayakan ekspor ditingkatkan, impor mesin pabrik itu baik akan meningkatkan nilai tambah," jelas dia.

Selain itu, dia juga mendukung turn deposit untuk devisa ekspor. Ini merupakan sebuah aturan dari Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan perbankan menahan lalu lintas dolar AS dari para eksportir.

"Indonesia sering ekspor, tapi hasilnya enggak ke Indonesia. Parkirnya di luar negeri. Saya kira wajar saja (ada aturan itu) dan kita harus dukung itu. Seharusnya devisa memang harus masuk Indonesia sehingga jadi sumber pendapatan negara," kata Suryo.

Lebih jauh dia mengungkapkan, dengan adanya aturan ini maka berpotensi menambah cadangan Devisa. "Cadangan devisa kita bisa lebih meningkat. Tapi kalau ekspor kita menerimanya di luar negeri, ya tidak tepatlah," tutup Suryo.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0420 seconds (0.1#10.140)