Ekspor batu bara USD20 M

Senin, 04 Juni 2012 - 09:57 WIB
Ekspor batu bara USD20 M
Ekspor batu bara USD20 M
A A A
Sindonews.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyatakan, potensi pertambangan batu bara di Indonesia cukup banyak sehingga harus dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.

“Kita tahu semua negara memerlukan energi. Karena energi ini (batu bara) di Tanah Air cukup tersedia, harus dimanfaatkan secara maksimal,” ucap Wacik menjelang acara Coaltrans Asia Conference 2012 di Nusa Dua, Bali, kemarin.

Mantan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan itu menambahkan, dalam konferensi tersebut, Indonesia selaku tuan rumah akan memberikan pemaparan tentang ketahanan energi, terutama batu bara. “Karena energi ini penting, semua negara memerlukan untuk kebutuhan rakyatnya,”katanya.

Selain untuk kebutuhan dalam negeri, batu bara juga diekspor untuk mendatangkan devisa negara. Menurutnya, rata-rata setiap tahun ekspor batu bara dari Indonesia mencapai 30 juta ton dengan nilai mencapai USD20 miliar. Wacik menambahkan, konferensi tahunan industri batu bara kawasan Asia akan dihadiri sekitar 2.200 peserta, terdiri atas perusahaan-perusahaan yang terkait dengan pertambangan batu bara.

Wacik juga mengungkapkan akan memanfaatkan ajang konferensi itu untuk mengimbau pengusaha tambang batu bara di Indonesia dan kawasan regional Asia agar lebih peduli kepada masyarakat di sekitar tambang.

“Pengusaha tambang batu bara harus peduli pada lingkungan alam dan masyarakat sekitar daerah operasional mereka,”ujarnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8392 seconds (0.1#10.140)