Bandara Mamasa digelontori pusat Rp100 M

Kamis, 07 Juni 2012 - 11:12 WIB
Bandara Mamasa digelontori pusat Rp100 M
Bandara Mamasa digelontori pusat Rp100 M
A A A


Sindonews.com - Pembangunan Bandara Sumarorong di Kabupaten Mamasa memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebesar Rp100 miliar pada 2012.

”Bantuan itu dianggarkan melalui APBN tahun 2012 dalam rangka memaksimalkan infrastruktur di daerah yang berada di pegunungan Sulbar ini,” kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh pada acara pelantikan pengurus Ikatan Pitu Ulunna Salu (PUS) di Mamuju.

Menurut dia, sebelumnya, Pemerintah Pusat hanya akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Bandara Sumarorong sekitar Rp14 miliar di 2012. Namun kemudian ditingkatkan menjadi Rp100 miliar mengingat pentingnya perampungan pembangunan bandara itu.

”Pemerintah sangat ingin bandara di Kecamatan Sumarorong yang merupakan bandara perintis dapat cepat dirampungkan pembangunannya dengan anggaran besar. Karena itu akan mendukung aktivitas ekonomi masyarakat serta memacu pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya.

Gubernur mengatakan bahwa anggaran pembangunan bandara sekitar Rp100 miliar itu,di antaranya untuk merampungkan pembangunan landasan pacu sepanjang 700 meter.

Sebelumnya, Bupati Mamasa Ramlan Badawi mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamasa juga telah menganggarkan sekitar Rp7 miliar pada APBD untuk pembebasan lahan seluas 8 hektare (ha) untuk bandara tersebut.

Menurut dia, dengan akan dibebaskannya lokasi itu, maka pembangunan bandara segera dilaksanakan untuk dirampungkan pembangunan landasan pacunya pada tahun ini.

”Bandara Sumarorong akan terus ditingkatkan hingga landasan pacunya mencapai 1.500 meter agar lebih layak digunakan sebagai sarana transportasi udara,” katanya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)