Rudi prioritaskan penurunan pemakaian minyak

Kamis, 14 Juni 2012 - 15:16 WIB
Rudi prioritaskan penurunan pemakaian minyak
Rudi prioritaskan penurunan pemakaian minyak
A A A


Sindonews.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini memaparkan beberapa program jangka pendek dalam masa kerjanya. Sebagai prioritas, Rudi mengatakan akan berupaya untuk menurunkan pemakaian minyak di Indonesia dan memanfaatkan energi lain untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi.

"Kita sudah masuk Net Importir Minyak, 65 persen memakai migas, dan harus kita turunkan karena semakin tinggi pendapatan energi Indonesia, kebutuhan energi semakin tinggi," ujar Rudi dalam kata sambutannya di kantor ESDM, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Energi lain yang dimaksudkan Rudi adalah, optimalisasi pemanfaatan pada gas. Menurutnya, secara teknis akan diupayakan daerah penghasil gas seperti Papua dan Kalimantan dapat menyalurkan ke wilayah Jawa dan Sumatera.

"Program jangka pendek, kita punya gas di Papua, Kalimantan, Natuna, kita punya kebutuhan di Jawa-Sumatera. Diangkat CNG carrier dan harus ditingkatkan, transportasi laut lebih bagus pakai CNG carrier. Cirebon, Semarang, Gresik, Semarang, dan Medan disambung, apabila disambung pipa-pipanya, minyak ke gas akan selesai," paparnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, dengan upaya itu dapat menghentikan pemakaian minyak yang melaju sangat tinggi. "Kita menekuk grafik yang kencang sedalam pemakaian energi. Jangka pendek kita tinggal mengerjakan, pematangan ada di Pak Jero," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5225 seconds (0.1#10.140)