Semen Gresik dukung anak usaha ekspansi

Sabtu, 16 Juni 2012 - 15:03 WIB
Semen Gresik dukung anak usaha ekspansi
Semen Gresik dukung anak usaha ekspansi
A A A


Sindonews.com - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mendukung anak usahanya Tonasa V, untuk melakukan ekspansi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Pembiayaan akan dilakukan secara grup. Ekspansi tersebut berupa pendirian pabrik baru dengan kapasitas 2,5 Juta ton dan pembangkit listrik 70 mw.

Menurut Direktur utama PT Semen Gresik Tbk, Dwi Soejipto, dengan pabrik baru ini tentu mampu meningkatkan produksi semen Tonasa hingga 7,0 Juta ton. Dia menambahkan, proyek tersebut akan membuat penetrasi pasar Semen Tonasa semakin kuat.

Selain itu, Dwi mengungkapkan, meski penyeleseian pembangunan pabrik baru Semen Tonasa mengalami keterlambatan dari jadwal semula, namun perkembangannya mengalami kemajuan yang sang sangat progresif. "Proyek Tonasa V direncanakan akan dapat diselesaikanpada kuartal IV 2012," kata Dwi di Surabaya, Sabtu (16/6/2012).

Komitmen dukungan terhadap proyek Tonasa V adalah dikirimkan sejumlah tenaga ahli dari Semen Padang dan Semen Gresik untuk membantu penyelesaian proyek pabrik baru Tonasa V agar selsei sesuai target. Semen Gresik juga membantu fleksibilitas pembayaran deviden untuk memperkuat cashflow anak perusahaan.

"Semen Tonasa selama ini telah mencatatkan kinerja finansial yang sangat menggembirakan. Dengan ekspansi yang terukur, performa Semen Tonasa akan semakin meningkat di masa mendatang," paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, kinerja Semen Tonasa sendiri ditopang oleh laju kenaikan pendapatan yang signifikan. Pada 2011 lalu, pendapatan Semen Tonasa mencapai Rp3,040 triliun, tumbuh 12 persen dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan laba pabrik semen kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu juga meningkat menjadi Rp545 miliar dari sebelumnya Rp543 miliar.

Dwi Soetjipto menuturkan, kinerja positif Semen Tonasa tersebut tak lepas dari komitmen seluruh stakeholder. "Kinerja positif ini tak lepas dari komitmen seluruh pemegang saham. Dan kami berharap akan semakin meningkat pada masa mendatang," ujarnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3162 seconds (0.1#10.140)