Capex Rp1,1 triliun disiapkan Sampoerna Agro

Senin, 18 Juni 2012 - 19:18 WIB
Capex Rp1,1 triliun disiapkan Sampoerna Agro
Capex Rp1,1 triliun disiapkan Sampoerna Agro
A A A


Sindonews.com - PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini senilai Rp1,1 triliun. Dana belanja modal tersebut mayoritas akan digunakan perseroan untuk mengembangkan usaha sawit.

"Tahun ini kita mengalokasikan capex senilai Rp1,1 triliun. Dari capex tersebut, 80 persen untuk core bisnis sawit," kata Head of Investor Relations SGRO Michael Kesuma usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan di Jakarta, Senin (18/6/2012).

Sementara itu, Michael menambahkan, sisa dana belanja modal sekitar 20 persen atau setara Rp220 miliar untuk pengembangan usaha lainnya. Hingga kuartal I tahun ini, dana belanja modal yang sudah terserap baru sekitar Rp200 miliar untuk penanaman lahan baru. Adapun, sumber belanja modal berasal dari kas internal maupun fasilitas perbankan.

Michael menjelaskan, perseroan sedang fokus untuk mengembangkan usaha tanaman sawit. Bahkan, perseroan juga telah melakukan akuisisi lahan belum tertanam (greenfield) pada tahun ini seluas 40.000 hektar (ha) di Kalimantan Barat.
Namun, dia belum bisa mengungkapkan nilai investasi akuisisi tersebut lantaran transaksinya hingga saat ini belum rampung. "Semuanya belum tuntas. Kita ada akuisisi di kuartal I dan II," ujar Michael.

Dana akuisisi lahan (landbank) tersebut berasal dari eksternal perusahaan dan belum masuk dalam anggaran belanja modal tahun ini. Saat ini, luas lahan tertanam yang dimiliki perseroan sebesar 109.000 ha, dengan total area landbank mencapai 200.000 ha. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4550 seconds (0.1#10.140)