Blok Kangean siap pasok kebutuhan gas domestik

Jum'at, 22 Juni 2012 - 10:52 WIB
Blok Kangean siap pasok kebutuhan gas domestik
Blok Kangean siap pasok kebutuhan gas domestik
A A A


Sindonews.com - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu dan Minyak Bumi (BP Migas), memastikan Lapangan Gas Terang Sirasun Batur, Blok Kangean, sudah dapat menyalurkan gas kepada pembeli domestik.

“Sebagaimana gas dari lapangan lain di Jawa Timur, semua gas dari Lapangan Terang Sirasun Batur ini dipasok untuk kebutuhan domestik, khususnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Jawa Timur. Ini mempertegas komitmen BP Migas dan pelaku industri hulu migas untuk memprioritaskan pemenuhan gas bagi kebutuhan dalam negeri,” ujar Kepala BP Migas, R Priyono dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Jumat (22/6/2012).

Sebagai informasi, lapangan Terang Sirasun Batur merupakan bagian dari Blok Kangean yang dikembangkan berdasarkan Plan of Development (POD) revisi yang disetujui BP Migas pada tahun 2005. Gas dari lapangan ini diproduksikan melalui sembilan sumur yang dikumpulkan dan diproses hingga memenuhi spesifikasi gas jual di Floating Production Unit (FPU) “Joko Tole” dan selanjutnya gas jual ini dikirim ke pembeli melalui pipa 18” East Java Gas Pipeline (EJGP).

Priyono menjelaskan, pengaliran gas perdana Lapangan Terang Sirasun Batur ini merupakan tonggak penting dalam proses pengembangan lapangan yang diharapkan dapat memproduksikan gas hingga 300–315 MMSCFD. "Keseluruhan produksi tersebut diperuntukkan bagi para pembeli di Jawa Timur antara lain PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar 130 BBTUD, Petrokimia Gresik (PKG) sebesar 65 BBTUD, PT Pertamina Gas (Pertagas) dipasok sebanyak 100 BBTUD, dan Indogas sebesar 20 BBTUD," jelasnya.

Peresmian penyaluran perdana gas dari lapangan ini dilakukan oleh Kepala BP Migas R. Priyono hari ini di Gresik. Dalam acara ini juga hadir Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Rudi Rubiandini, Muspida Provinsi Jawa Timur, Bupati Sumenep beserta pimpinan DPRD, serta pimpinan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dan PLN. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4878 seconds (0.1#10.140)