Libur sekolah, tiket KA ekonomi habis terjual

Senin, 25 Juni 2012 - 08:43 WIB
Libur sekolah, tiket KA ekonomi habis terjual
Libur sekolah, tiket KA ekonomi habis terjual
A A A


Sindonews.com - Memasuki musim liburan sekolah, tiket kereta api (KA) ekonomi jurusan Jawa bagian timur habis terjual untuk keberangkatan 23-30 Juni 2012.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung Bambang S Prayitno mengatakan, minat masyarakat melakukan perjalanan menggunakan KA ekonomi ke kawasan Jawa Bagian Timur cukup besar. Nyaris semua kelas ekonomi public service obligation (PSO) habis terjual. “Seluruh KA kelas ekonomi PSO mulai 23 sampai 30 Juni habis terjual,” kata Bambang di Bandung, kemarin.

Dia menyebutkan, tiket kereta api yang habus tersebut adalah KA Kutojaya Selatan tujuan Kutoarjo, KA Kahuripan tujuan Kediri, dan KA Pasundan tujuan Surabaya.

Bambang mengungkapkan, penumpang lain yang tidak melakukan reservasi jauh-jauh hari dipastikan akan sulit menggunakan KA ekonomi. PT KAI, lanjut dia, telah melakukan perubahan sistem, di mana, pemesanan tiket yang berlaku untuk kelas ekonomi sejak H-7 atau 7 hari sebelum keberangkatan.

“KA ekonomi tidak ada penjualan langsung atau go show. Asumsinya, penjualan langsung merupakan sisa dari pesanan. Karena itu, kami berharap kepada masyarakat untuk melakukan reservasi dan merencanakan perjalannya sejak jauh-jauh hari,” beber dia.

Selain itu, kuota KA ekonomi sesuai PSO sangat terbatas. Seperti KA Pasundan terdiri atas 4 kereta/gerbong,satu kereta makan, dan satu kereta barang, KA Kahuripan 5 kereta, satu kereta makan, satu kereta barang, dan KA Kutojaya Selatan, 4 kereta, satu kereta makan, dan satu kereta barang.

Sementara itu, kepadatan penumpang juga terjadi pada KA komersial, bisnis dan eksekutif sejak Kamis (21/6) hingga Minggu (24/6) kemarin. Peningkatan penumpang terjadi pada tujuh keberangkatan.Seperti KA eksekutif Argowilis tujuan Surabaya, KA Eksekutif Turangga, KA Mutiara Selatan kelas bisnis untuk keberangkatan pukul 17.00 WIB. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6587 seconds (0.1#10.140)