Geliat bisnis MICE, Solo dibanjiri hotel-hotel baru

Selasa, 26 Juni 2012 - 11:55 WIB
Geliat bisnis MICE, Solo dibanjiri hotel-hotel baru
Geliat bisnis MICE, Solo dibanjiri hotel-hotel baru
A A A
Sindonews.com - Pembangunan hotel baru di Kota Solo semakin semarak seiring dengan maraknya kegiatan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) yang dihelat di kota tersebut.

Tak hanya hotel baru The Sunan Hotel yang mulai beroperasi bulan ini, sedikitnya ada empat hotel baru yang berlokasi di Solo dan sekitarnya juga akan segera dioperasikan. Keempat hotel tersebut, yakni Rumah Batu Villa and Spa, Fave Hotel Solo Baru, Hotel Acacia Inn, dan Pose Inn Hotel.

Menurut data di Pemerintah Kota Surakarta, kehadiran empat hotel baru tersebut belumlah cukup untuk menampung agenda-agenda MICE yang makin padat di Solo dan sekitarnya, untuk itu dalam waktu dekat masih ada belasan hotel berbintang yang akan dibangun di kota wisata ini, dengan nilai investasi hingga triliunan rupiah.

General Manager The Sunan Hotel Solo Dicky Sumarsono mengatakan, banyaknya event akbar seperti Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Bidan Indonesia, Munas Asita, Borobudur Travel Mart dan Asian Paralympic Games, serta beberapa event besar lainya, turut mendongkrak okupansi atau tingkat hunian hampir semua hotel yang ada di Kota Bengawan.

"Perkembangan hotel di Solo sangat pesat, dan kita harus siap bersaing, agar bisa bertahan," ujar Dicky di sela-sela peletakan batu pertama, penambahan kamar, di The Sunan Hotel Solo, Senin (25/6/2012).

Menurut Dicky, untuk meningkatkan dan menambah daya saing, hotelnya harus melakukan penambahan kamar. "Kita akan tambah 84 kamar, dengan tujuh lantai bangunan baru, lengkap dengan dua meeting room, kamar Presiden Suite, Suite dan Junior Suite," lanjutnya.

Sementara itu kesiapan yang sama juga dilakukan oleh beberapa hotel lain. Satu di antaranya yakni Sahid Jaya Hotel Solo, yang akan melakukan renovasi kamar. "Kita berencana untuk melakukan renovasi kamar, dan pemilik hotel sudah menyetujui desain kamar yang kita ajukan," ujar Anna Marita, Public Relation Manager Sahid Jaya Hotel Solo.

Untuk penambahan kamar, Anna mengaku belum akan dilakukan. Pihaknya akan memaksimalkan 135 kamar yang ada, dan enam ruang meeting yang masing-masing dapat menampung 300 orang. "Kami juga selalu meningkatkan standart pelayanan hotel, service tamu, kualitas makanan, kebersihan mandi, kamar tidur, kolam renang, serta semua ruangan yang ada," lanjutnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5520 seconds (0.1#10.140)