PDAM-Polda Jabar kolaborasi cegah pencurian air

Selasa, 26 Juni 2012 - 16:27 WIB
PDAM-Polda Jabar kolaborasi cegah pencurian air
PDAM-Polda Jabar kolaborasi cegah pencurian air
A A A
Sindonews.com – Untuk mencegah pencurian air, PDAM Tirtawening Kota Bandung menjalin kerja sama dengan Polda Jabar melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Selain itu, dalam kerja sama ini keduanya menjalin kerja sama terkait pengamanan aset milik PDAM.

Dirut PDAM Tirtaweing Kota Bandung Pian Sopian menjelaskan maksud dari kerja sama ini intinya untuk mencegah adanya pencurian air dan pengamanan aset. “Kita bekerjasama dengan Polda Jabar tentu saja untuk sosialisasi mana yang tidak boleh dilakukan (pencurian). Jika ada yang melakukan pelanggaran, pihak kepolisian yang akan memberikan sanksi,” jelasnya kepada wartawan usai penandatangan MoU, Selasa (26/6/2012).

Selain mengantisipasi adanya kecurangan dari masyarakat, pihaknya juga mengantisipasi adanya kecurangan dari internal pegawai.“Jika kecurangan ada di internal pegawai maka akan kena sanksi seperti penurunan pangkat sampai pemecatan. Tapi jika masyarakat yang melanggar itu akab berurusan dengan pihak kepolisian,” katanya.

Menurutnya dengan adanya tindakan tegas itu bisa memberikan pelajaran bagi masyarakat mengenai pentingnya menjaga air sebgai kebutuhan pokok. Selain itu, hal ini juga sebagai tindakan untuk memenuhi hak masyarakat agar tidak terjadi hal yang bisa merugikan.

“Masyarakat jangan sekali-kali mencuri air secara ilegal. Bukan hanya merugikan PDAM tapi juga merugikan pelanggan aktif PDAM. Karena haknya akan terambil,” tuturnya.

Sementara itu Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Sutarno berharap adanya peran dari PDAM untuk memberikan informasi awal sebagai bahan penindakan yang akan dilakukan pihak kepolisian.

Tanpa adanya informasi, lanjut dia, pihaknya akan kesulitan untuk melakukan penindakan dan penegakan hukum. “Untuk personel yang diturunkan kita sesuaikan dengan kebutuhan. Yang pastik kita lakukan sosialisasi, pencegahan dan penindakan,” paparnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7183 seconds (0.1#10.140)