Bangkalan bangun terminal di sekitar Tol Suramadu

Selasa, 26 Juni 2012 - 17:59 WIB
Bangkalan bangun terminal di sekitar Tol Suramadu
Bangkalan bangun terminal di sekitar Tol Suramadu
A A A


Sindonews.com - Pembangunan di sekitar akses tol Suramadu, sisi Kabupaten Bangkalan, Madura diprediksi bakal terus menjamur. Kabar terbaru, di sekitar akses tol yang memiliki panjang 11,7 kilometer tersebut, akan dibangun sebuah terminal dengan kelas atau tipe A.

Informasi yang diperoleh dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangkalan menyebutkan bahwa terminal tipe A tersebut akan terletak di antara Desa Masaran, Kecamatan Tragah dan Desa/Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan.

Terminal yang masuk dalam Sub Satuan Wiyalah Pembangunan (SSWP) I sekitar akses Suramadu tersebut, akan memiliki luas minimal empat hektar, sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk terminal tipe A.

“Tahun 2012 ini, sudah memasuki tahap pembebasan lahan. Besar kemungkinan tahun depannya (2013), sudah mulai pekerjaan fisik,” ujar Kepala Bappeda Bangkalan, Edi Moeljono, Selasa (26/6/2012).

Pria yang akrab dipanggil Ion ini menjelaskan, proyek pembangunan tersebut merupakan bidang garapan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Pihaknya, hanya sebatas untuk membantu proses pembebasan lahan, seperti memberitahu tentang harga tanah di sekitar lokasi yang akan dibangun terminal.

Saat ini, untuk Desain Enginering Detail (DED) dari terminal tipe A tersebut, menurutnya, sudah final dan dikerjakan oleh Pemprov. Sayang, terkait pembebasan lahan, seberapa jauh lahan yang telah dibebaskan, masih belum bisa diperoleh secara detail.

“Yang jelas, itu proyek dari Pemprov dan kami hanya selaku pihak yang membantu lahan saja. Cuma, secara garis besar pembebasan lahan untuk terminal tidak ada soal,” tegas Ion.

Pria yang hobi 'gowes' tersebut menambahkan, dalam DED yang sudah ada, di sekitar terminal tipe A tersebut juga akan dibangun berbagai peruntukan. Mulai dari adanya perkantoran, pertokoan dan pusat belanja, sehingga suasana di sekitar akses Suramadu ramai.

“Tidak jauh dari terminal itu juga, akan segera dibangun lapangan mini untuk karapan sapi. Pokoknya bakal lengkap fasilitasnya,” ungkapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat sekitar akses tol Suramadu, Kiai Ahmad Ali Ridho menyatakan, pembangunan yang akan dilakukan harus disesuaikan dengan budaya dan tata krama warga sekitar. Jangan sampai, kalau sudah akan dibangun menjadi masalah karena tidak sesuai dengan yang diharapkan warga sekitar.

“Selama tidak melanggar budaya dan adat istiadat, termasuk melibatkan warga. Saya kira tidak akan ada persoalan,” ucapnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7311 seconds (0.1#10.140)