Wintermar Offshore terbitkan saham baru

Rabu, 27 Juni 2012 - 09:18 WIB
Wintermar Offshore terbitkan saham baru
Wintermar Offshore terbitkan saham baru
A A A


Sindonews.com - PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) perusahaan penyedia kapal penunjang angkutan lepas pantai industri minyak dan gas berencana menerbitkan saham baru tanpa hak memesan efek tanpa memberi tahu dahulu (HMETD) sebanyak 322.646.000 saham. Penerbitan saham itu dilakukan untuk mendapatkan dana pembelian kapal baru.

Corporate Planning Director WINS Pek Swan Layanto mengatakan, diterbitkannya saham baru tanpa HMETD ini karena perseroan menginginkan fleksibilitas jika ingin menambah armada. Dari jumlah saham tersebut, saham baru yang akan diterbitkan mencapai 116.917.000 dengan harga rata-rata saham WINS saat ini senilai Rp461 per saham.

Selain itu, perseroan akan menerbitkan management stock option plan (MSOP) bagi karyawan sebanyak 15.729.000 saham. Dan, sisanya sebanyak 190 juta lembar saham berupa convertible bond senilai USD10 juta dengan tenor tiga tahun. Convertible bond ini akan diubah menjadi saham ketika jatuh tempo.

“Kita berharap dari convertible bond itu bisa mendapatkan dana senilai USD10 juta dengan kupon berkisar 5%,” harap Pek Swan.

Namun, penerbitan saham baru ini belum memiliki jadwal, tetapi perseroan diberi kebebasan menerbitkannya dalam jangka waktu dua tahun ke depan. Sementara, convertible bond akan dilakukan di semester II/2012. Seperti yang diketahui, tahun ini perseroan menganggarkan belanja modal atau (capital expenditure/capex) mencapai USD80 juta.

Capex tersebut akan digunakan untuk pembelian 10 kapal baru. Capex berasal dari perbankan sebesar 70% atau setara dengan USD56 juta. Dan, sisanya sebesar 30% setara dengan USD14 juta berasal dari kas internal perseroan.

Perseroan pun masih memiliki cadangan pinjaman perbankan dari Bank Mandiri sebesar USD25 juta dan Anak usaha Bank Dunia, International Finance Corporation (IFC) senilai USD45 juta.“Capex tahun ini belum digunakan karena masih menunggu kontrak baru,” ungkapnya.

Direktur Utama WINS Sugiman Layanto mengatakan, rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) menyetujui pembagian dividen total senilai Rp17,8 miliar atau setara dengan Rp5 per saham dan akan dibagikan pada Agustus 2012. Sedangkan, sisanya digunakan sebagai dana cadangan dan untuk struktur permodalan WINS seperti ekspansi perseroan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8231 seconds (0.1#10.140)