Carrefour beli minyak sawit dari petani plasma Rp165 juta

Rabu, 27 Juni 2012 - 11:08 WIB
Carrefour beli minyak sawit dari petani plasma Rp165 juta
Carrefour beli minyak sawit dari petani plasma Rp165 juta
A A A


Sindonews.com - PT Carrefour Indonesia membeli minyak kelapa sawit senilai Rp165 juta dari petani plasma binaan PT Hindoli, perkebunan kelapa sawit Cargill di Sumsel. Pembelian ini dilakukan dalam rangka mendukung pengembangan produksi kelapa sawit berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Corporate Affairs Director PT Carrefour Indonesia Adji Srihandoyo mengaku, pembelian ini memprioritaskan minyak kelapa sawit bersertifikat Roundtable Sustainable on Palm Oil (RSPO) ini memiliki nilai lebih tinggi dari harga pasar. Pembelian sertifikat RSPO green palm ini sebagai salah satu bentuk praktek bisnis berkelanjutan.

“Kami komitmen ikut selamatkan lingkungan dengan berperan serta dalam mengurangi dampak perubahan iklim, melestarikan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati dengan mengurangi limbah dan memaksimalkan kegiatan daur ulang,” ujar dia di Palembang, Rabu 26 Juni 2012.

Sebab itu, sambung Adji, sejak 2011 Carrefour membeli 9000 sertifikat RSPO green palm yang berasal dari petani plasma Cargill.

Jadi, kontribusi dengan nilai lebih berjumlah USD18.090 atau Rp165.200.000 dibayarkan langsung kepada petani plasma binaan PT Hindoli melalui seremoni yang diselenggarakan di Hotel Sintesa Paninsula, Palembang, kemarin.

Head of Public Affairs Carrefour Indonesia Satria Hamid Ahmadi mengatakan, dalam konteks kemitraan, dana yang diperoleh petani ditujukan untuk pengelolaan koperasi petani plasma, penyediaan alat pelindung diri yang lebih baik, dan peningkatan keahlian petani plasma untuk melanjutkan praktik yang berkelanjutan.

Di lain pihak, Presiden Direktur PT Hindoli Anthony Yeow mengatakan,kerja sama yang dibangunnya dengan Carrefour mampu mendukung pengembangan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia. “Fungsi keberlanjutan ini adalah kunci sukses,” kata dia. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6154 seconds (0.1#10.140)