Carrefour dukung petani plasma Cargill

Rabu, 27 Juni 2012 - 13:21 WIB
Carrefour dukung petani plasma Cargill
Carrefour dukung petani plasma Cargill
A A A
Sindonews.com - Carrefour Indonesia melakukan pembelian minyak kelapa sawit bersertifikat RSPO kepada petani plasma PT Hindoli, perkebunan kelapa sawit Cargill di Sumatera Selatan senilai Rp165 juta.

Kontribusi dengan nilai lebih dari harga pasar terhadap pembelian sertifkat RSPO GreenPalm ini, merupakan komitmen Carrefour untuk praktek bisnis yang berkelanjutan.

Carrefour berkomitmen untuk menyelamatkan lingkungan dengan berperan serta dalam mengurangi dampak perubahan iklim, melestarikan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati, mengurangi limbah, dan memaksimalkan kegiatan daur ulang.

Sejak 2010, Carrefour telah membeli minyak kelapa sawit yang bersertifikat RSPO untuk semua produk yang diproduksi di Eropa dan targetnya tahun 2015, Carrefour akan membeli seluruh kebutuhan minyak kelapa sawitnya dari pemasok lestari dan berkelanjutan.

Pada tahun 2011 lalu, Carrefour membeli 9.000 Sertifikat RSPO GreenPalm yang berasal dari petani plasma Cargill. Melalui Cargill, kontribusi dengan nilai lebih berjumlah USD18.090 atau sekitar Rp165,2 juta yang dibayarkan langsung kepada petani plasma binaan PT Hindoli, di Hotel Sintesa Peninsula di Palembang, yang dihadiri oleh perwakilan dari Carrefour, Cargill, serta petani kelapa sawit plasma binaan PT Hindoli.

"Carrefour percaya bahwa kemitraan bersama antara Cargill dan petani kelapa sawit telah membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksinya, meningkatkan pendapatan serta standar hidup mereka. Ini adalah salah satu alasan mengapa kita memilih untuk bermitra dengan Cargill. Sejalan dengan nilai-nilai bisnis kami, kerjasama kami dengan Cargill di perkebunan PT Hindoli tidak hanya akan bermanfaat bagi industri kelapa sawit dengan mempromosikan penggunaan minyak sawit yang berkelanjutan, tetapi juga akan membawa kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi Indonesia, dan juga untuk kesejahteraan seluruh rakyat," kata Corporate Affairs Director PT Carrefour Indonesia, Adji Srihandoyo, Rabu (27/6/2012).

Dana yang didapatkan para petani akan berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan, pengelolaan koperasi petani plasma, penyediaan alat pelindung diri yang lebih baik, serta peningkatan keahlian petani plasma untuk melanjutkan praktek-praktek yang berkelanjutan. Keberlanjutan adalah kunci sukses, bukan hanya untuk sektor minyak kelapa sawit, tetapi juga untuk semua jenis budidaya pertanian di Indonesia. "Kami bangga dapat memimpin inisiatif ini, dan partisipasi para petani sebagai contoh baik dalam praktek-praktek berkelanjutan bisnis yang dijalankan oleh Cargill," ujar Presiden Direktur PT Hindoli Anthony Yeow.

Inisiatif lain dalam rangka mendukung pengembangan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia, dengan dukungan dana dari Carrefour Foundation, Carrefour juga telah meluncurkan program untuk mendukung 250 kepala keluarga petani kelapa sawit swadaya di Kecamatan Ukui, Pelalawan, Riau, dalam mendapatkan sertifikasi RSPO. Melalui inisiatif yang diluncurkan pada tanggal 2 Mei 2012 ini, kelompok petani di Ukui ini dikukuhkan sebagai kelompok petani swadaya pertama yang bersertifikat RSPO di Indonesia.

Tahun ini, Carrefour Indonesia juga akan meluncurkan minyak goreng EcoPlanet, produk pertama yang berasal dari perkebunan kelapa sawit yang sesuai dengan standar internasional (RSPO) untuk manajemen berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia. Dengan membeli minyak goreng EcoPlanet Carrefour, konsumen akan mendukung konsumsi yang bertanggung jawab dan memberikan kontribusi bagi pembangunan jangka panjang industri kelapa sawit di Indonesia.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5416 seconds (0.1#10.140)