Tiket KA arus balik Lebaran habis

Selasa, 03 Juli 2012 - 09:06 WIB
Tiket KA arus balik Lebaran habis
Tiket KA arus balik Lebaran habis
A A A
Sindonews.com – Tiket kereta api (KA) Lebaran, baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif, untuk keberangkatan 22-26 Agustus dari Semarang dan Yogyakarta ke beberapa kota tujuan sudah habis terjual.

Beberapa kota tujuan yang dimaksud di antaranya Jakarta, Bandung,dan Surabaya.”Yang sudah habis terjual tiket untuk Senja Utama dan Fajar Utama keberangkatan tanggal 26 dan 27 Agustus,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Sapto Hartoyo kemarin.

Selain itu, keberangkatan KA kelas bisnis untuk H+5 atau 25 Agustus juga sudah terjual semua. Meski pemesanan tiket sudah bisa dilakukan H-90 keberangkatan, PT KAI juga kini makin memperketat sistem penjualan.

Langkah ini utamanya untuk menghindari calo yang berkeliaran. ”Untuk meminimalisasi praktik percaloan saat arus mudik Lebaran 2012, kami kini mewajibkan calon penumpang untuk mencantumkan identitas resminya saat pembelian tiket,”ungkapnya. Dalam hal ini ketentuan penyertaan identitas dalam tiket bisa sesuai kartu tanda penduduk (KTP), SIM, paspor, dan kartu tanda anggota (KTA) TNI atau Polri.

Bagi penumpang kereta api yang kedapatan mengantongi tiket dengan nama berbeda, petugas berhak menurunkannya di stasiun terdekat dengan lokasi penemuan. Di Yogyakarta sejumlah tiket untuk arus balik juga sudah habis. ”Dari semua kelas itu, hingga hari ini (kemarin) yang masih tersisa hanya KA Sri Tanjung jurusan Banyuwangi, KA Bogowonto dan Fajar Utama jurusan Jakarta untuk keberangkatan 24 Agustus,”kata Kepala Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto kepada harian SINDO.

Menurut Eko, tiket KA Sri Tanjung jurusan Banyuwangi hingga Senin 2 Juli kemarin terjual 20 persen. Namun, jumlah kursi KA Begawan dan Fajar Utama yang tersisa tidak begitu banyak. Tiket KA Begawan sudah terjual 90 persen dan KA Fajar Utama tinggal tersisa 50 tempat duduk.” Karena itu,bagi calon penumpang yang akan berangkat pada hari itu diharapkan segera menghubungi tempat pemesanan tiket terdekat, baik melalui online maupun di tempattempat yang sudah ditunjuk PT KAI,” harapnya.

KA Progo (ekonomi) dan Bogowonto (ekonomi AC) jurusan Jakarta serta Sri Tanjung jurusan Banyuwangi akan diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan. Sedangkan kelas bisnis dan eksekutif dari Stasiun Besar Tugu. ”Baik Progo maupun Begawan akan membawa enam gerbong masing- masing berisi 104 tempat duduk.Tiket yang dijual untuk masing-masing kereta tersebut adalah 636 tempat duduk per hari,”paparnya.

Eko menambahkan, pada layanan Lebaran ini, Daop VI Yogyakarta juga akan memberangkatkan empat KA tambahan yaitu KA Argo Lawu, Dwipangga untuk jurusan Jakarta, Lodaya untuk tujuan Bandung, dan Sancaka untuk tujuan Surabaya. KA ini akan dioperasionalkan mulai 14 Agustus mendatang. KA tambahan ini menyediakan 2.500 tempat duduk per hari. ”Tetapi sebagaimana KA reguler, untuk KA tambahan ini tiketnya juga sudah terjual habis,”ungkapnya.

Sementara itu, Humas PT KA Daop 8 Surabaya Sri Winarto menuturkan, saat ini sudah ada pemesanan tiket arus balik, namun belum begitu banyak. Dia memprediksi pemesanan mulai ramai saat awal Ramadan.”Mudik itu kan arahnya ke timur. Di Daops 8 itu banyak melayani arus balik. Pemesanan tiket arus mudik ada, tapi tidak banyak,”katanya.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5491 seconds (0.1#10.140)