PT KAI segera moderenisasi sinyal kereta api

Selasa, 03 Juli 2012 - 15:35 WIB
PT KAI segera moderenisasi sinyal kereta api
PT KAI segera moderenisasi sinyal kereta api
A A A
Sindonews.com - Guna meningkatkan kelancaran lalu lintas kereta api, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) tengah melakukan perubahan sistem sinyal dari mekanik menjadi elektronik.

"Sistem sinyal dan telekomunikasi KAI sedang akan diubah dari mekanik ke elektronik," terang Vice President Signaling & Telecommunications PT KAI, Ira Nevasa saat dijumpai di Ritz Carlton Jakarta, Selasa (3/7/2012).

Nevasa mengakui saat ini kondisi persinyalan yang mengatur lalu lintas perkeretaapian di Indonesia sudah tidak layak lantaran usia persinyalan kereta api sudah uzur. "Rata-rata berusia 30-40 tahun," tukasnya.

Mengingat lalu lintas kereta api saat ini sudah cukup tinggi, menurut Nevasa, persinyalan kereta api memang sudah selayaknya harus diperbarui dalam operasional PT KAI. "Lalu lintas kereta api mencapai 1.194 perjalanan tiap hari,” jelasnya.

Dengan persinyalan secara elektronik, setiap detail data lalu lintas kereta akan terekam secara otomatis. Dengan begitu, tingkat keamanan juga akan lebih baik.

Oleh karenanya persinyalan kereta api perlu dimodernisasi. Pasalnya, penggunaan sistem persinyalan secara elektronik diyakini akan mengurangi jumlah kecelakaan akibat faktor kelalaian manusia. "Tentu keselamatan juga berpengaruh karena bisa mengurangi faktor human error,” tukasnya.

Namun, lanjut Nevasa, penggantian sistem sinyal dari mekanik ke elektronik membutuhkan waktu yang cukup lama. Satu stasiun kereta membutuhkan waktu satu tahun untuk penggantian. "Dari 529 persinyalan di Indonesia, ada 316 yang masih menggunakan mekanik," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)