Kereta super cepat masih mustahil diwujudkan

Selasa, 03 Juli 2012 - 15:35 WIB
Kereta super cepat masih mustahil diwujudkan
Kereta super cepat masih mustahil diwujudkan
A A A
Sindonews.com - Selain menggalakkan proyek modernisasi persinyalan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) juga diketahui tengah mengerjakan proyek jalur ganda (double track) Jakarta-Surabaya. Kendati demikian, double track tersebut masih tidak memungkinkan untuk dilanjutkan ke proyek pembangunan kereta super cepat.

"Jalur rel Jakarta-Surabaya saat ini masih berkelok sehingga tak memenuhi syarat dilewati kereta super cepat," terang Vice President Signaling & Telecommunications PT KAI, Ira Nevasa saat dijumpai di Ritz Carlton Jakarta, Selasa (3/7/2012).

Kereta api super cepat, lanjut Nevasa, harus menggunakan jalur yang lurus. Kendatipun harus ada jalur yang berbelok, belokan tersebut tidak boleh dibuat terlalu tajam dengan pertimbangan kecepatan kereta.

"Satu-satunya jalan adalah membangun rel baru yang benar-benar lurus, namun membangun rel baru bukan perkara mudah karena soal pembebasan lahan. Apalagi harus bangun jalur sendiri, kita yang proyek double track saja setengah mati melakukan pembebasan lahan," imbuhnya.

Selain itu, kata Nevasa, jika ingin ada kereta api super cepat, memerlukan biaya yang luar biasa besar, serta teknologi yang sangat moderen dan canggih.

"Karena dua faktor yang sulit diatas, seperti kalau dari KAI mau bangun kereta api super cepat tidak bisa, bukan di kami lah, tapi kalau memang mau ada, itu negara yang bangun seperti di China," tegasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9276 seconds (0.1#10.140)