BEI sarankan Freeport secepatnya IPO

Rabu, 11 Juli 2012 - 11:46 WIB
BEI sarankan Freeport secepatnya IPO
BEI sarankan Freeport secepatnya IPO
A A A
Sindonews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan sudah ada pembicaraaan tidak resmi dengan pihak PT Freeport Indonesia terkait rencana perusahaan untuk melantai di pasar modal.

"Pembicaraan tidak resmi sudah ada (dengan pihak PT Freeport), tapi itu kan tidak mudah," ungkap Direktur Utama BEI Ito Warsito saat ditemui usai listing perdana GAMA di galeri BEI, Jakarta Rabu (11/7/2012).

Saat dikonfirmasi kapan sekiranya perusahaan milik Amerika Serikat (AS) tersebut untuk melantai, dia belum bisa memastikan lantaran menurutnya, keputusan tersebut sepenuhnya berada di tangan perusahaan. "BEI menyarankan secepatnya, untuk selanjutnya semua berada di tangan perusahaan," katanya.

Ito melanjutkan, tujuan perusahaan yang berpusat di Papua tersebut mencatatkan namanya di pasar modal Indonesia adalah agar menjadi perusahaan publik yang lebih transparan dalam melaporkan keuangannya, sebagaimana dilakukan emiten yang sudah tercatat di BEI.

"Yang pertama, pastinya karena untuk mendapatkan pendanaan, yang kedua meningkatkan transparansi operasional di Indonesia," akunya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Penilai Perusahaan BEI Hoesen menyatakan, rencana PT Freeport Indonesia melantai di pasar modal Indonesia disebut-sebut bakal mengalahkan PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dalam hal kapitalisasi pasar. "Bisa lebih besar dari BUMI market kapitalisasinya, bisa dua kali, mestinya lebih bagus," akunya.

Lebih jauh dia menjelaskan, saat ini memang belum ada kelanjutan mengenai rencana tersebut. Namun dia berharap, dengan masuknya PT Freeport Indonesia sebagai perusahaan terbuka bisa menambah kapitalisasi pasar bursa Indonesia. "Realisasinya butuh persiapan, sekarang belum ada progres," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6619 seconds (0.1#10.140)