Mentan usul Bulog urusi komoditi pertanian

Selasa, 24 Juli 2012 - 12:20 WIB
Mentan usul Bulog urusi komoditi pertanian
Mentan usul Bulog urusi komoditi pertanian
A A A
Sindonews.com - aSebgai solusi dari kenaikan harga kedelai yang tak terelakkan, Kementrian Pertanian merekomendasikan agar pemerintah kembali mempertimbangkan untuk mengaktifkan kembali fungsi Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menekan kenaikan harga berbagai komoditi pertanian bukan hanya beras.

"Saat ini memang ke depan ini barang kali peran Bulog untuk kembali sebagai penyangga bahan pokok, perlu dipertimbangkan kembali," tutur Menteri Pertanian, Suswono saat dijumpai wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa (24/7/2012).

Pasalnya, lanjut Suswono, saat ini ketersediaan pasokan yang ada di Bulog hanyalah persediaan beras. Dengan kondisi dimana Bulog tidak memiliki persediaan komoditi pertanian lain termasuk kedelai, maka bila terjadi lonjakan harga maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi untuk menekan lonjakan harga tersebut.

"Jadi memang pemerintah intervensi karena tidak punya stok (kedelai). Tapi kalau beras, pemerintah kan punya stok ketika nanti harga tinggi pemerintah bisa melakukan operasi pasar sehingga harga bisa ditekan," terangnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, untuk saat ini, pemerintah hanya bisa menyerahkan kenaikan harga kedelai pada mekanisme pasar karena Bolog tidak memiliki stok atau persediaan kedelai. "Kalau sekarang kan tidak bisa (menekan harga), jadi diserahkan ke mekanisme pasar sepenuhnya," simpulnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5202 seconds (0.1#10.140)