Jinakkan harga, Blitar gelar operasi pasar

Kamis, 26 Juli 2012 - 22:00 WIB
Jinakkan harga, Blitar gelar operasi pasar
Jinakkan harga, Blitar gelar operasi pasar
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar operasi pasar secara besar-besaran. Untuk menjinakkan harga sembilan bahan pokok (sembako) agar tidak melambung, operasi digencarkan di seluruh pasar tradisional.

“Rencananya operasi pasar akan kita gelar setiap hari," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar Maulan kepada wartawan, Kamis (26/7/2012).

Tercatat ada sebanyak 25 pasar tradisional yang tersebar di wilayah Kabupaten Blitar. Untuk beras medium pemerintah mematok harga Rp7.300 per kg. Dengan harga yang lebih rendah, pasar akan terjadi normalisasi harga. “Pengaruhnya sangat positif. Terutama bagi masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi," ujarnya.

Minyak goreng dilepas dengan harga Rp10.000 per liter dan gula seharga Rp10.500 per kg. “Semuanya dijual dalam bentuk satu paket," terangnya.

Seperti sudah menjadi tradisi tahunan jika setiap bulan puasa harga kebutuhan pokok akan meroket. Meningkatnya permintaan pasar seringkali dimanfaatkan sejumlah pedagang untuk mengejar keuntungan sebanyak-banyaknya.

Operasi pasar, lanjut Maulan, lebih mengutamakan masyarakat yang kurang mampu. Sebab, dengan dampak melambungnya harga sembako, masyarakat kurang mampu yang dirugikan. “Setidaknya kebijakan ini akan sangat membantu warga miskin," jelasnya.

Seperti diketahui, sesuai data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2009, jumlah warga miskin penerima BLT di Kabupaten Blitar sebanyak 77.586 jiwa. Artinya jumlah warga yang berhak mendapatkan fasilitas operasi pasar tidak jauh dari jumlah tersebut.

Sementara untuk harga daging di Kabupaten Blitar yang mencapai Rp68.000 per kg, Maulan berharap harga tidak akan meningkat lagi. Termasuk untuk kenaikan harga kedelai, Maulan berharap segera ada kebijakan dari pemerintah pusat. “Di daerah kita hanya melakukan pengawasan agar kenaikan tidak terus terjadi, pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6810 seconds (0.1#10.140)