SBY puji pengelolaan pajak Kemenkeu

Sabtu, 28 Juli 2012 - 12:50 WIB
SBY puji pengelolaan pajak Kemenkeu
SBY puji pengelolaan pajak Kemenkeu
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji Kementerian Keuangan dalam melakukan pengelolaan, pengawasan dan reformasi birokrasi di sektor perpajakan dan bea dan cukai.

SBY cukup berbangga, walaupun dinilai belum maksimal, tapi penerimaan negara dari sektor ini sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Termasuk pajak serta bea cukai tahun 2005 sebesar Rp495 triliun, tahun 2012 diperkirakan mencapai Rp.1358 triliun. Ini tercermin dari besaran pajak bea dan cukai, tren ini harus kita jaga meski dunia sedang bergejolak," ujarnya ketika memberikan keterangan pers di kantor Kementrian Keuangan, Jakarta, Kamis (27/72012) malam.

Menurutnya, tren ini harus dijaga meskipun dunia bergejolak. Jika pertumbuhan ekonomi bisa terus dipertahankan, maka penerimaan negara juga akan meningkat. "Sehingga kita punya ruang fiskal yang lebih longgar dan kita bisa membiayai banyak hal, termasuk untuk pembangunan infrastuktur dan pengurangan kemiskinan," ujarnya.

Sejauh ini, langkah untuk peningkatan penerimaan pajak melalui intervensi, percepatan, pembenahan adalah keputusan yang tepat. Namun, SBY mengatakan akan lebih penting jika kepatuhan membayar pajak dapat diutamakan.

"Saya memilih yang pertama penuhi dulu pembayaran pajak sebagaimana aturan yang berlaku. Tahapan berikutnya kalau dirasa kurang, bisa kita tata kembali," terangnya.

Sedangkan untuk bea dan cukai, dirinya menilai masih ada ruang untuk lakukan peningkatan. Misalnya dengan penambahan petugas yang siap beroperasi menyempurnakan target.

"Menyangkut bea dan cukai ini, ada pemikiran dari Menteri Keuangan untuk menambah petugas. Malaysia memiliki 15 ribu, kita hanya 10ribu sekian. Saya sudah minta dibicarakan baik-baik, berapa jumlah yang tepat," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6469 seconds (0.1#10.140)