BPKP Jabar dampingi daerah yang belum dapat opini WTP

Senin, 06 Agustus 2012 - 14:25 WIB
BPKP Jabar dampingi daerah yang belum dapat opini WTP
BPKP Jabar dampingi daerah yang belum dapat opini WTP
A A A

Sindonews.com
- Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat (Jabar) akan melakukan pendampingan terhadap kabupaten/kota di Jabar yang belum meraih opini predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Kepala Perwakilan BPKP Jabar Abi Rusman Tjokronolo mengatakan, pendampingan untuk meningkatkan opini BPK bagi daerah yang semula mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) supaya naik menjadi WTP. Menurutnya, pendampingan akan dilakukan mengingat Pemprov Jabar berhasil meraih WTP dari hasil audit BPK tahun lalu.

"2011 lalu dari 26 kabupaten/kota yang sudah meraih predikat WTP hanya Kota Banjar dan Kota Depok. Maka untuk membantu daerah dalam meraih opini BPK, kita akan memetakan terlebih dahulu hal-hal yang menjadi pengecualian BPK atas laporan keuangan daerah," paparnya, di Gedung Pakuan, Bandung, Senin (6/8/2012).

Lanjut dia, bimbingan akan dilakukan kepada pemda. "Pendampingan supaya jadi pengecualian bisa dieleminasi, sehingga tidak menjadi pengecualian,” terangnya.

Menurutnya, masalah aset bagi banyak daerah menjadi ganjalan dalam meraih predikat WTP, misalnya pencatatan aset. "Kami kemungkinan akan mencari solusi bagaimana pencatatan pemasukan dari pajak bumi dan bangunan (PBB) jika mutlak dikelola oleh kabupaten/kota,”katanya.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6754 seconds (0.1#10.140)