Kenaikan harga BBM demi ketahanan energi nasional

Kamis, 16 Agustus 2012 - 11:52 WIB
Kenaikan harga BBM demi ketahanan energi nasional
Kenaikan harga BBM demi ketahanan energi nasional
A A A
Sindonews.con - Rencana pemerintah untuk terus menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri akan terus dilanjutkan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengklaim hal tersebut dilakukan untuk menjaga ketahanan energi nasional dimasa depan.

"Sesungguhnya pemikiran untuk secara bertahap mengurangi subsidi BBM adalah semata-mata agar negeri kita dapat memiliki Ketahanan Energi di masa mendatang," klaim SBY saat pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Meski demikian, sebelum mengambil keputusan non populer tersebut, pemerintah akan terus memantau pergerakan dan tingginya harga minyak dunia. Tujuannya pasti, agar subsidi BBM tidak terus membengkak dan kita dapat melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Kita harus mengambil langkah yang tidak merugikan rakyat. Pemerintah terus berupaya menyehatkan subsidi BBM melalui pembatasan dan penghematan, agar beban APBN dapat dikurangi secara bertahap," tegasnya.

Dengan cara itu, alokasi subsidi BBM dapat digunakan untuk peningkatan pembangunan infrastruktur.

Pemerintah juga terus mencari, mengembangkan dan memanfaatkan energi baru dan terbarukan sebagai alternatif. Kecuali jika ada perubahan harga minyak mentah yang dramatis, yaitu meroketnya harga minyak itu, kita tidak begitu saja menaikkan harga BBM kita.

"Namun kita harus sungguh mencari solusi untuk kehematan penggunaan BBM, dan sehatnya APBN kita," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)