SBY: BPJS Kesehatan akan beroperasi 2014

Kamis, 16 Agustus 2012 - 16:16 WIB
SBY: BPJS Kesehatan akan beroperasi 2014
SBY: BPJS Kesehatan akan beroperasi 2014
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengutarakan, Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2014 mendatang.

Dalam pidato kenegaraannya, SBY menyebutkan, seperti halnya pendidikan, pemberian layanan kesehatan dengan biaya terjangkau juga memiliki arti yang sangat penting terutama untuk masyarakat lapisan bawah.

"Jaminan kesehatan untuk rakyat miskin dan hampir miskin (near poor) dalam bentuk Jamkesmas terus kita perluas," kata SBY dalam pidatonya di gedung DPR-MPR RI, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Dalam kaitan ini, sambung SBY, pada awal tahun 2014 mendatang akan dibentuk dan mulai beroperasi BPJS Kesehatan untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan secara nasional. "Paling lambat pada tahun 2019 mendatang, seluruh penduduk Indonesia telah memiliki jaminan kesehatan," kata SBY.

Pembentukan BPJS Kesehatan sendiri, kata SBY memiliki tujuan mulia yakni memenuhi hak hidup layak bagi seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. "Terpenuhinya hak hidup sehat bagi seluruh penduduk tanpa terkecuali, merupakan tujuan utama implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional," paparnya.

Sejalan dengan program itu, lebih dari 2,5 juta ibu melahirkan terjamin melalui Jaminan Persalinan. "Melalui program ini, insya'Allah kita dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) sejalan dengan percepatan pencapaian MDG’s. Semuanya itu, merupakan jawaban kita untuk mewujudkan perluasan pelayanan kesehatan bagi rakyat. Inilah esensi dari reformasi kesehatan," simpul SBY.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4088 seconds (0.1#10.140)