BI upayakan pengadaan prinsipal kartu kredit

Selasa, 04 September 2012 - 15:09 WIB
BI upayakan pengadaan prinsipal kartu kredit
BI upayakan pengadaan prinsipal kartu kredit
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) mengaku tengah melakukan pembicaraan dengan berbagai penerbit kartu kredit guna mendorong pengadaan prinsipal kartu kredit di Tanah Air yang ditargetkan mulai diberlakukan tahun 2013.

"Saat ini kami sedang melakukan pembicaraan lebih intensif. Semuanya perlu proses, semoga tidak terlalu lama. Paling tidak tahun 2013," ungkap Deputi Direktur Departemen Akuntansi dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Sri Suparni JF di Gedung Bank Indonesia, Selasa (4/9/2012).

Suparni melanjutkan, ada beberapa keuntungan yang diperoleh market domestik jika prinsipal ini berlakukan. Disebabkan market domestik Indonesia mempunyai daya dukung dan daya tawar yang tinggi.

"Tentunya penikmat dari biaya infrastruktur, kalau bisa dinikmati oleh nasional kan lebih bagus lagi dan harapannya lebih efisien," sambung Sri.

Wacana pemberlakukan prinsipal dalam negeri itu sendiri diakui Sri bukanlah hal yang aneh. Pasalnya, di sejumlah negara seperti Malaysia dan Singpura hal serupa telah terlebih dahulu diciptakan, bahkan hasilnya menunjukkan kecenderungan yang cukup positif dalam rangka peningkatan perekonomian domestik.

"Seperti Singapura, visa atau mastercard memberikan kompensasi yang pas bagi perekonomiannya masing-masing," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5169 seconds (0.1#10.140)