Akhir bulan, Indofarma terbitkan MTN Rp200 M

Kamis, 06 September 2012 - 06:00 WIB
Akhir bulan, Indofarma terbitkan MTN Rp200 M
Akhir bulan, Indofarma terbitkan MTN Rp200 M
A A A
Sindonews.com - PT Indofarma Tbk (INAF) akan menerbitkan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN) sekitar Rp100 miliar-Rp200 miliar pada akhir bulan ini.

Direktur Keuangan Indofarma John Sebayang mengatakan, perseroan masih menunggu keluarnya peringkat dari lembaga Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada pekan ini untuk bisa menerbitkan MTN.

Selanjutnya, perseroan akan mengundang tiga sekuritas pelat merah maupun swasta untuk menjadi penjamin pelaksana (underwriter) MTN perseroan. "MTN paling cepat diterbitkan akhir bulan ini dan paling lambat bulan depan," kata dia Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Adapun tenor dari MTN tersebut antara dua sampai tiga tahun, dengan kupon di bawah bunga bank. Dana hasil penerbitan MTN akan digunakan perseroan untuk modal kerja dan peningkatan produksi.

Perseroan sebelumnya memiliki wacana untuk menerbitkan obligasi berkelanjutan sebesar Rp600 miliar. Pada tahap I, perseroan akan menerbitkan obligasi senilai Rp300 miliar untuk membayar utang, investasi dan modal kerja.

Alasan penerbitan obligasi tersebut diubah menjadi MTN, John menjelaskan, karena kebutuhan dana perseroan sebagian sudah terpenuhi melalui tender obat generik dari pemerintah, dengan nilai mencapai Rp181 miliar. "Itu uang (tender) sudah masuk, sehingga penerbitan MTN tidak sebesar Rp600 miliar," imbuhnya.

Selain itu, utang jatuh tempo perseroan kepada Bank Mandiri senilai Rp175 miliar diperpanjang menjadi tahun depan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)