Gaikindo yakin penjualan mobil tembus 1 juta unit

Jum'at, 07 September 2012 - 10:36 WIB
Gaikindo yakin penjualan mobil tembus 1 juta unit
Gaikindo yakin penjualan mobil tembus 1 juta unit
A A A
Sindonews.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis penjualan mobil hingga akhir tahun ini bisa menembus 1 juta unit. Penjualan mobil selama periode JanuarihinggaJuli2012tercatat telah mencapai 637.778 unit.

Ketua Umum Gaikindo Sudirman Maman Rusdi mengatakan, apabila penjualan bulan Agustus 2012 mencapai 77.000 unit, maka total penjualan selama delapan bulan pertama di tahun ini mencapai 714.778 unit. Dengan pencapaian itu, penjualan mobil selama empat bulan terakhir menurut dia akan bisa mencapai angka 1 juta unit.

“Tapi, kita tetap lihat perkembangan setelah bulan Agustus. Akhir September berapa turunnya nanti, jadi kita bisa menganalisa Oktober, November, Desember. Misalnya, September turun sekian, kita bisa melihat Oktober bisa kembali ke normal lagi, anggaplah ada selisih 3,5 bulan lagi, maka kita optimistis masih bisa tembus 1 juta unit,” kata Sudirman dalam jumpa pers Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta kemarin.

Terlepas dari itu,Sudirman optimistis industri automotif nasional bisa menyalip Thailand dalam 3-4 tahun mendatang. Namun, hal itu harus didukung oleh sejumlah faktor, seperti kesiapan infrastruktur, kebijakan pemerintah, pemberian insentif untuk penelitian dan pengembangan, dan kemudahan dalam mendapatkan bahan baku, seperti besi baja, aluminium, karet dan plastik.

“Kalau infrastruktur berjalan dan ekonomi membaik maka pelaku industri akan tambah kapasitas sesuai demand yang ada. Kita sudah bicara dengan pemerintah. Blue print pemerintah sudah ada,” ujarnya.

Ketua III Gaikindo Johnny Darmawan menambahkan, industri automotif Thailand didukung oleh pemerintahnya, seperti pemberian insentif bagi pembelian mobil yang ramah lingkungan. “Kalau kita kan baru mau insentifnya. Sekarang pemerintah menggalakkan low cost car, itu saja dulu,” ucapnya.

Sudirman menambahkan, saat ini sudah banyak prinsipal komponen yang berinvestasi di Indonesia. Mereka, kata dia, melihat potensi pasar Indonesia yang sangat besar. “Mereka bukan relokasi tapi bahkan baru. Mereka tahu pasarnya ada di sini,” tandasnya.

Untuk ekspor, porsinya masih sekitar 15 persen, tergantung dari kapasitas produksi di dalam negeri. Adapun, pabrik baru Daihatsu di Karawang akan memproduksi mobil sekitar 500 unit pada pertengahan Oktober 2012, lalu naik menjadi 2.000 unit di November dan 3.000 unit di Desember dan 4.000 unit di Januari 2013.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7262 seconds (0.1#10.140)