Surabaya kecipratan untung dari hasil hutan

Rabu, 26 September 2012 - 13:49 WIB
Surabaya kecipratan untung dari hasil hutan
Surabaya kecipratan untung dari hasil hutan
A A A
Sindonews.com - Meskipun tak memiliki hasil hutan, Pemkot Surabaya masih bisa meraup keuntungan dari kekayaan hutan. Tiap tahun banyak tenaga kerja dari Surabaya yang terserap dalam unit produksi hasil hutan yang dikelola di Kota Pahlawan ini.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Surabaya Samsul Arifin menuturkan, Surabaya memang tak memiliki hasil hutan yang bisa dinikmati warga. Tapi hasil hutan dari berbagai daerah banyak yang dikumpulkan di Surabaya sebelum didistribusikan ke berbagai Kabupaten/Kota di Jatim.

"Saat ini ada 136 perusahaan yang mengelola hasil hutan di Surabaya. Kebetulan banyak hasil hutan yang memang transit di sini," ujar Samsul ketika ditemui di sela-sela sosialisasi penatausahaan hasil hutan di ruang Badan Perencanaan Pembangunan dan Kota (Bappeko) Surabaya, Rabu (26/9/2012).

Ia melanjutkan, pemkot sendiri memiliki dua keuntungan dari hasil hutan yang dikelola. Salah satunya pendapatan dari hasil pengukuran dan penyerapan tenaga kerja. Untuk pendapatan hasil pengukuran memang tak terlalu banyak, dalam setahun saja Surabaya hanya dapat Rp1 miliar.

"Kami memang tak fokus di sana, kebetulan pembagiannya Surabaya hanya dapat 30 persen saja. Karena harus dibagi dengan Pemprov Jatim," jelasnya.

Asisten II Kota Surabaya Muhlas Udin mengatakan, poin yang jadi keberhasilan bisa dilihat dalam penyerapan tenaga kerja di sektor produksi. Setidaknya ada ribuan tenaga kerja yang tadinya pengangguran bisa kembali dapat pendapatan.

"Ini yang kami bidik, kebetulan banyak gudang yang dijadikan tempat produksi dan perdagangan hasil hutan," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3489 seconds (0.1#10.140)