ADB: Kualitas SDM hambat pembangunan sektor jasa

Rabu, 03 Oktober 2012 - 18:29 WIB
ADB: Kualitas SDM hambat pembangunan sektor jasa
ADB: Kualitas SDM hambat pembangunan sektor jasa
A A A
Sindonews.com - Pemerintah harus proaktif dalam mengantisipasi dan mengurangi dampak pelemahan ekonomi global. Perlambatan ekonomi global dapat dipakai sebagai momentum untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas.

Ada beberapa sektor yang dapat lebih dioptimalkan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia, salah satunya adalah sektor jasa.

“Produktivitas sektor jasa Indonesia masih rendah, di bawah 5 persen, Indonesia harus mengembangkan jasa-jasa bernilai tambah tinggi seperti perbankan atau teknologi informasi,” ungkap Ekonom Bank Pembangunan Asia (ADB/Asian Development Bank) Priasto Aji di Kafe Pisa, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Menurut Priasto Aji, hambatan terbesar dalam pengembangan sektor jasa di Indonesia adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. “Di Asia, termasuk Indonesia, masalah nomor satu adalah SDM,” imbuhnya.

Lebih lanjut Priasto Aji mencontohkan India yang berhasil dalam membangun industri jasa teknologi informasi karena memiliki SDM berkualitas baik. “Contoh India, mereka bisa mengekspor sektor jasa teknologi informasi mereka karena SDM-nya bagus,” tandas Priasto Aji.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6844 seconds (0.1#10.140)