Denmark-RI kerja sama efisiensi energi

Sabtu, 06 Oktober 2012 - 14:17 WIB
Denmark-RI kerja sama efisiensi energi
Denmark-RI kerja sama efisiensi energi
A A A
Sindonews.com - Dalam upaya konservasi energi di Tanah Air, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) membentuk Energy Efficiency and Conservation Clearing House Indonesia (EECCHI). EECCHI sejak Maret 2011 telah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan juga peningkatan capacity building kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Usaha konservasi energi yang dilakukan Kementerian ESDM melalui EECCHI ini mendapat dukungan dari Denmark. Denmark membantu berbagai program yang dilakukan EECCHI seperti home and school energy champion 2012, energy switch, dan capacity building for local government– 4 weeks challenges.

“Efisiensi energi telah menjadi prioritas untuk Denmark selama bertahun-tahun dan merupakan salah satu dukungan kunci Denmark bagi Indonesia sejak 2008,” ujar Duta Besar Denmark Martin Hermann di Ballroom Hotel Manhattan, Jakarta, Sabtu (6/10/2012).

Martin menambahkan bahwa Denmark dan RI sama-sama berkepentingan melakukan penghematan energi demi menjaga ketersediaan sumber daya alam. “Saya percaya kita memiliki tanggung jawab bersama untuk berupaya bergerak kearah masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” tandasnya.

Selain itu, menurut Martin, menghemat energi bukan saja cara termudah untuk menjaga kelestarian sumber daya alam, tapi juga menghemat biaya bagi yang melakukannya. “Kita sering lupa bahwa sumber energi termurah adalah mengurangi energi yang tidak kita gunakan,” tutur Martin.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7506 seconds (0.1#10.140)