Seperempat penduduk Indonesia belum nikmati listrik

Sabtu, 06 Oktober 2012 - 16:00 WIB
Seperempat penduduk Indonesia belum nikmati listrik
Seperempat penduduk Indonesia belum nikmati listrik
A A A
Sindonews.com - Ketersediaan sumber energi yang melimpah di Indonesia ternyata belum dapat dioptimalkan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi penduduknya. Hal ini diakui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Seperempat rakyat tidak dapat terpenuhi kebutuhan listriknya karena berada di wilayah terpencil,” ujar Direktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBKTE) Kementrian ESDM Maryam Ayuni di Hotel Manhattan, Jakarta, Sabtu (6/10/2012).

Maryam menambahkan, Kementerian ESDM membutuhkan kerja sama dengan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan listrik di seluruh pelosok Indonesia. "Kami ESDM tidak mampu menjalankan sendirian, harus ada kerja sama untuk menjadi lebih baik," imbuhnya.

Untuk itu, Maryam mengajak masyarakat untuk melakukan penghematan listrik agar beban pemerintah berkurang, sehingga bisa mengalihkan hasil penghematan listrik tersebut ke kawasan yang belum terjamah fasilitas listrik.

“Kita mengajak semua masyarakat untuk mengurangi pemakaian energi. Satu lampu saja bisa kita kurangi di sini, maka kita bisa melihat orang lain menyalakan satu lampu lain disana (yang semula belum mendapatkan listrik),” ujar Maryam.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7736 seconds (0.1#10.140)