APRDI targetkan dana kelolaan tumbuh 10%

Senin, 15 Oktober 2012 - 17:14 WIB
APRDI targetkan dana kelolaan tumbuh 10%
APRDI targetkan dana kelolaan tumbuh 10%
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) menargetkan dana kelolaan akan tumbuh 10 persen dalam lima tahun ke depan. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum Pekan Reksa Dana Denny Thaher.

"Target kami dana kelolaan mencapai 10 persen PDB (produk domestik bruto). Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi enam persen setahun sementara PDB sekarang Rp7 ribuan triliun," katanya di Jakarta, Senin (15/10/2012).

Seperti diketahui, pertumbuhan dana kelolaan reksa dana selama ini kurang didukung pemasaran yang baik. Untuk itu, APRDI akan mengupayakan pemasaran dari berbagai lini, sehingga diharapkan dana kelolaan instrumen pasar modal ini meningkat pesat.

"Perlu diversifikasi penjualan. Tidak hanya melalui bank tapi juga lewat lini lain, karena selama ini penjualan reksa dana dilakukan melalui perbankan dan agen penjual reksa dana (APRDI)," jelasnya.

Namun, menurut Denny penjualan di perbankan kurang maksimal karena di perbankan tidak hanya produk reksa dana yang dijual tetapi produk lain perbankan seperti kartu kredit, asuransi dan lain-lain.

"Untuk meningkatkan penjualan ini, APRDI berencana meluaskan pemasaran, antara lain melalui perluasan sistem e-channel link dan membentuk agen penjual reksa dana secara individual," jelasnya.

E-channel link merupakan sistem penjualan reksa dana melalui online di mana calon investor bisa mendaftar, membeli reksa dana dan melakukan penarikan dana melalui sistem online.

"Saya yakin pertumbuhan dana kelolaan reksa dana akan meningkat hingga Rp1.000 triliun dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Atau 10 persen dari perkiraan PDB di 2017 sebesar Rp10 ribu triliun," kata Denny.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7604 seconds (0.1#10.140)