SBY akan resmikan proyek MP3EI di Kaltim

Selasa, 23 Oktober 2012 - 10:04 WIB
SBY akan resmikan proyek MP3EI di Kaltim
SBY akan resmikan proyek MP3EI di Kaltim
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)dijadwalkan akan meresmikan sejumlah proyek infrastruktur di Kalimantan Timur (Kaltim) yang masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI). SBY bersama rombongan pun direncanakan akan tiba di Kota Balikpapan pada pukul 16.00 Wita hari ini.

"Presiden datang antara pukul 16.00-17.00 Wita sore, kemudian diperkirakan beliau menginap satu malam di Balikpapan di Hotel Senyiur. Kedatangan untuk meresmikan sejumlah proyek di Kaltim yang juga masuk dalam MP3EI di antaranya pelabuhan Peti Kemas Kariangau," ujar Sekda Balikpapan Sayid MN Fadly, di Balikpapan, Selasa (23/10/2012).

Diketahui, pelabuhan yang akan diresmikan SBY dibangun sejak 2010 lalu dengan anggaran lebih dari Rp700 miliar. Sesuai jadwal presiden, Selasa malam akan bertemu dengan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat di Kaltim. Termasuk mendengar keluhan dari sejumlah daerah, sehingga momentum tersebut harus bisa dimanfaatkan.

"Jadi jadwalnya yang kita terima, Presiden akan berbincang-bincang bertukar informasi dengan para pejabat dan tokoh masyarakat pada Selasa malam, ini kesempatan kita dan masyarakat untuk menyampaikan apa yang menjadi keinginan masyarakat Kaltim," katanya.

Sementara pada Rabu 24 Oktober besok, Presiden akan menuju Karingau untuk meresmikan proyek MP3I yang dipusatkan di Pelabuhan Peti Kemas Karingau. Usai peresmian yang acaranya dipusatkan di Karingau, Presiden dan rombongan akan langsung menuju ke Jakarta.

"Salah satunya yang akan diresmikan peresiden Pelabuhan Peti Kemas Kariangau karena merupakan proyek MP3I. Kemudian Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan dan beberapa proyek lainnya dipusatkan semuanya di Kariangau, setelah itu beliau langsung terbang ke Jakarta," ujarnya.

Dalam lawatan presiden ke Kaltim, SBY juga akan meresmikan pembangunan sisi darat Bandara Samarinda Baru (BSB). Saat ini bandara tersebut sedang dibangun dari dana APBD Kaltim secara tahun jamak hingga 2012 yang dianggarkan sebesar Rp690 miliar. Bukan hanya meresmikan BSB dan TPK Karingau, namun juga sejumlah proyek lain di Kaltim yang masuk dalam MP3EI Koridor Ekonomi Kalimantan.

Sejumlah proyek yang masuk MP3EI dan segera diresmikan SBY itu seperti pembangunan Bandara Sepinggan di Balikpapan, Bandara Kalimarau di Berau, dan Industri Kimia di Kota Bontang. Proyek pengembangan ekonomi khusus berupa Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kabupaten Kutai Timur, dan pembangunan Pupuk Kaltim V di Bontang.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3297 seconds (0.1#10.140)