Dahlan kantongi 10 nama DPR pemeras BUMN

Selasa, 30 Oktober 2012 - 12:21 WIB
Dahlan kantongi 10 nama DPR pemeras BUMN
Dahlan kantongi 10 nama DPR pemeras BUMN
A A A
Sindonews.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku memiliki 10 nama yang dianggapnya kerap meminta 'jatah'kepada perusahaan-perusahaan BUMN. Di antara mereka, ada yang blak-blakan minta langsung, ada pula yang tidak mau meminta langsung.

"Saya punya beberapa list nama, ada beberapa yang mengaku mengatasnamakan orang lain. Sekitar 10 orang lah," ungkap Dahlan di kantor pusat PNM, Jakarta, Selasa (30/10/2012).

Sebelumnya, Dahlan Iskan memberikan alasan mengapa tidak membeberkan nama-nama anggota DPR yang memintai upeti saat dirinya menjabat sebagai Direktur Utama PLN, karena tidak ada yang memaksanya mengungkap hal itu.

"Sebetulnya saya enggak punya niat untuk ngomong itu, waktu saya jadi dirut kan enggak ada yang paksa saya buat ngomong," kata dia.

Dahlan Iskan juga menyatakan siap untuk membeberkan oknum anggota DPR yang meminta 'jatah' ke BUMN. Tapi, dia mensyaratkan harus ada undangan resmi dari DPR untuk mengungkapkan nama-nama tersebut.

"Kalau DPR serius minta, saya siap diundang DPR khusus untuk mengungkap itu. Saya tunggu undangan resminya," jelas Dahlan.

Pernyataan tersebut dilontarkan Dahlan untuk menanggapi tuntutan sejumlah anggota DPR agar dia tak sekadar melempar bola panas, dengan memerintahkan seluruh jajaran BUMN untuk tidak mengindahkan atau bahkan menolak permintaan upeti oleh anggota DPR.

Dia menegaskan, perintah kepada direksi BUMN tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Sekretaris Kabinet Nomor SE-542/Seskab/IX/2012 tentang Pengawalan APBN 2013-2014 untuk mencegah praktik kongkalikong APBN tertanggal 28 September 2012.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8101 seconds (0.1#10.140)