Pelumas Pertamina diekspor ke Swiss & Afsel

Kamis, 08 November 2012 - 13:02 WIB
Pelumas Pertamina diekspor ke Swiss & Afsel
Pelumas Pertamina diekspor ke Swiss & Afsel
A A A
Sindonews.com - Unit usaha PT Petamina (Persero), Pertamina Lubricants menjajaki pasar Eropa dan Afrika untuk ekspor pelumasnya. Mereka menargetkan ekspor sebanyak tiga kontainer sebagai awalan.

Vice Presiden Pertamina Lubricants Supriyanto Dwi Utomo mengatakan, pihaknya akan melakukan penjajakan di Eropa dengan Swiss sebagai pasar produksinya. Sedangkan di Afrika Lubricants dalam memasarkan pelumasnya di Afrika Selatan.

"Swiss dan Afrika Selatan merupakan negara ke-23 dan ke-24 yang menjadi tujuan ekspor pelumas Pertamina," kata Supriyanto, di unit Bisnis Pelumas Pertamina, Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Menurut Supriyanto, pasar Eropa diakuinya masih sangat potensial. Khusus di Eropa Barat, potensi pasar pelumas mencapai 5,2 juta kiloliter (kl) per tahun.

Pada tahap awal, produk unggulan yang akan diekspor oleh Pertamina adalah pelumas automotif antara lain Fastron series, Prima XP dan Mesran. Proses pengapalan perdana dua kontainer atau 32 ribu liter.

Sementara itu, Pertamina juga melihat prospek pasar pelumas di kawasan Afrika memiliki pertumbuhan permintaan sekira 26 persen per tahun dengan potensi saat ini 1,8 kl per tahun.

Untuk tahap awal, Pertamina mengapalkan satu kontainer produk yang berbasis Fastron Sytentic, Mesran,dan Pelumas diesel yang berbasis Mediteran SX 15W-40 dengan total volume 12 ribu liter.

"Selanjutnya, penetrasi pasar di Afrika Selatan ini akan menjadi leverage dalam pengembangan pasar di wilayah benua Afrika yang lain," tutup Supriyanto.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6550 seconds (0.1#10.140)