Uni Eropa-Singapura sepakati perdagangan bebas

Selasa, 18 Desember 2012 - 09:52 WIB
Uni Eropa-Singapura sepakati perdagangan bebas
Uni Eropa-Singapura sepakati perdagangan bebas
A A A
Sindonews.com - Uni Eropa (UE) dan Singapura mengumumkan kesepakatan perdagangan bebas (free trade agreement/FTA) guna meningkatkan kerja sama ekonomi kedua wilayah.

Ini FTA kedua UE di Asia setelah Juli tahun lalu menyepakati perdagangan bebas dengan Korea Selatan. Kerja sama tersebut diharapkan meningkatkan eksporimpor antara 27 negara UE dengan Singapura yang tahun lalu membukukan transaksi perdagangan senilai 74 miliar euro (USD97 miliar).

“Kesepakatan ini bukan karena alasan politik, melainkan akan membantu ekspor terutama di sektor automotif dan jasa keuangan,”kata Komisi Eropa, dikutip BBC, kemarin.

Adapun implementasi FTA antara UESingapura akan dimulai awal tahun depan. Kantor berita Reuters melaporkan, UE merupakan negara mitra perdagangan terbesar kedua bagi Singapura setelah tetangganya, Malaysia. Selain Singapura, UE saat ini juga tengah menjajaki kerja sama serupa dengan Malaysia dan Vietnam.

Dalam keterangan resminya yang dikutip situs resmi Komisi Eropa disebutkan bahwa FTA tersebut ditandatangani oleh Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Lim Hng Kiang dan Komisioner Bidang Perdagangan UE Karel De Gucht, Minggu (16/12). FTA tersebut meliputi beberapa sektor potensial mulai dari industri, pertanian,dan bisnis jasa.

“Singapura adalah pasar dinamis bagi perusahaan UE. Wilayah itu juga penghubung yang sangat penting untuk melakukan bisnis di Asia Tenggara. Kerja sama ini kunci untuk membuka pintu ke wilayah untuk menumbuhkan ekspor UE,” kata De Gucht.

Dia menambahkan, setelah kesepakatan FTA dengan Singapura dan Korea Selatan, pihaknya akan terus membuka peluang untuk menjalin perdagangan bebas dengan negaranegara ASEAN lainnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)